-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ada Dana Talangan Rp 781 M Buat Korban Lapindo, Begini Pencairannya

Maikel Jefriando - detikfinance
//images.detik.com/content/2015/02/17/4/lapindo03.jpg
Jakarta -Pemerintah dalam Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) 2015 mengalokasikan Rp 781,7 miliar sebagai dana talangan untuk korban lumpur Lapindo. Namun, pencairan dana talangan ini tidak bisa sembarangan.

Hadiyanto, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, mengatakan sebelum ada proses pencairan akan dilakukan perundingan antara pemerintah dengan PT Minarak Lapindo. Pemerintah akan segera membentuk tim perunding khusus.

"Ya, kita akan bentuk tim perunding dulu. Kemudian koordinasi dengan BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo) untuk mengidentifikasi berbagai hal yang berkaitan dengan peta terdampak," ungkapnya di Gedung Djuanda, komplek Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Dalam perundingan, lanjut Hadiyanto, juga ditentukan jaminan yang harus disediakan oleh Lapindo. Jaminan kemudian akan diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kan perlu dikonfirmasi kesanggupan Minarak Lapindo untuk membayar. Baru nanti kalau misalnya tidak sanggup secara rill begitu, audit BPKP, asetnya seperti apa. Bisa saja setelah memenuhi kriteria tersebut menjadi pinjaman," paparnya.

Jaminan tersebut, tambah Hadiyanto, adalah tanah yang sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR. "Tanahnya itu luas sekali, sementara ini hanya Rp 781 miliar. Jadi nanti dihitung lagi," ujarnya.

Sebelum perundingan selesai, kata Hadiyanto, dana talangan tidak akan dicairkan. Sebab, pemerintah harus memastikan secara jelas jaminan dari Lapindo.

"Perundingan dulu dong, term and condition-nya ditetapkan dulu. Nanti dilihat saja kebutuhan seperti apa, kontrol pencairan seperti apa, kemudian jaminan yang jelas seperti apa, harus konkret. Governance-nya harus terjaga betul," terangnya.(mkl/hds)
Labels: Lapindo

Thanks for reading Ada Dana Talangan Rp 781 M Buat Korban Lapindo, Begini Pencairannya. Please share...!

0 Komentar untuk "Ada Dana Talangan Rp 781 M Buat Korban Lapindo, Begini Pencairannya"

Back To Top