-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Diserang Korut Terkait HAM, Marzuki Darusman: Terlalu Kekanak-kanakan

Yudhistira Amran Saleh - detikNews

Diserang Korut Terkait HAM, Marzuki Darusman: Terlalu Kekanak-kanakan 
 (Foto: Yudhistira AS/detikcom) 
 
Jakarta - Mantan Jaksa Agung Marzuki Darusman menjadi Special Envoy (Utusan Khusus) PBB tentang Korea Utara. Korut menuding Marzuki oportunis. Namun Marzuki hanya menganggap tudingan itu kekanak-kanakan.

"Paling Korea Utara menyerang saya dengan bilang saya arogan, sombong dan boneka Amerika. Itu menyerang pribadi. Namun ya sudah saya akan terus dan tetap melakukan penyelidikan HAM di Korea Utara," jelas Marzuki di Pusat Kebudayaan AS @america, Mal Pacific Place, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (25/2/2015) malam.

(Baca juga: Korea Utara Tuding Marzuki Darusman 'Oportunis')

Marzuki mengatakan tak ada teror dari Korut pada dia dan keluarganya selama dia mengemban tugas menjadi utusan khusus PBB. Dia bahkan menilai Korut kekanak-kanakan.

"Keluarga tidak pernah diteror dengan Korea Utara. Dan keluarga terus mendukung apa yang saya lakukan. Dan pernyataan Korea Utara itu terlalu kekanak-kanakan. Kalau memang Korea Utara mau membantah, ya bantahlah materinya. Persoalannya yang harus dibantah," jelas dia.

Marzuki lantas menceritakan bagaimana dirinya bisa ditunjuk sebagai Special Envoy PBB. Latar belakangnya sebagai pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) membuat sahabatnya, Lynn B Pascoe yang adalah mantan Dubes AS untuk Indonesia menawari dirnya menjadi Utusan Khusus PBB untuk Korut. Marzuki menerima tawaran itu.

Menurutnya, PBB menciptakan atau mendirikan komisi penyelidik Korut yang dipimpin Hakim Agung dari Australia bersama aktivis Finlandia Sonja Bisarko, dan dirinya.
Labels: Korea Utara, PBB

Thanks for reading Diserang Korut Terkait HAM, Marzuki Darusman: Terlalu Kekanak-kanakan . Please share...!

0 Komentar untuk "Diserang Korut Terkait HAM, Marzuki Darusman: Terlalu Kekanak-kanakan "

Back To Top