-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

"Keputusan Presiden Jokowi akan Sangat Istimewa"

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews

Jakarta - Tidak lama lagi, Presiden Jokowi akan mengambil keputusan terkait perseteruan antara KPK dan Polri. Naga-naganya, keputusan Presiden akan ada hubungannya dengan hasil ketokan palu hakim pra peradilan atas kasus BG. Meskipun sudah berkomunikasi kanan kiri dan mengulur waktu cukup lama, namun tetap saja posisi Presiden berada di ujung tanduk.

Demikian dikatakan M Aji Surya, pengamat politik dari Tanri Abeng University (TAU), Jakarta, Senin (16/2/2015). Menurutnya, keputusan apapun yang akan diambil oleh Jokowi dipastikan masih akan menyisakan "kegaduhan", khususnya bagi yang merasa dikalahkan.

"Saya melihat, apabila Presiden hanya menyandarkan diri pada hasil dari pra peradilan, maka masih akan memunculkan pekerjaan yang tidak sedikit. Melantik atau tidak melantik BG sama-sama memiliki konsekuensi bagi kelangsungan masa pemerintahannya," ujarnya kepada detikcom.

Yang jelas, keputusan Jokowi akan dimaknai oleh banyak kalangan apakah ia adalah presiden yang pro pemberantasan korupsi atau tidak. Ini sangat berat, karena masalah yang dihadapi juga menyangkut soal politik juga. Jadi Jokowi harus benar-benar mengambil keputusan dengan risiko paling minimal.

Selain itu, dalam pandangan Aji, presiden juga harus memperhatikan soal persepsi. Sebab, berdasarkan teori, persepsi inilah yang bisa mengantarkan kepada suatu aksi. Manakala persepsi yang ada tidak termanage dengan baik, maka akan muncul riak-riak yang tidak diharapkan.

“Persepsi publik memang tidak selalu benar, namun dalam teorinya, itulah yang seringkali dianggap sebagai kebenaran yang akan membuahkan aksi. Jadi, please be careful terhadap persepsi kebanyakan orang. Sebaliknya, presiden juga harus hati-hati dalam mengurus soal persepsi dari institusi,katanya.

Inilah yang kemudian menjadikan keputusan presiden akan sangat istimewa dan dinantikan oleh masyarakat Indonesia. "Saya kira Jokowi akan membuat sejarah. Kita lihat saja," ujarnya mengakhiri perbincangan.

(try/rul)
Labels: Komjen BG Batal Dilantik

Thanks for reading "Keputusan Presiden Jokowi akan Sangat Istimewa" . Please share...!

0 Komentar untuk ""Keputusan Presiden Jokowi akan Sangat Istimewa" "

Back To Top