-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Startup Lokal Mau Modal Rp 2 Miliar? Begini Caranya!

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
 http://images.detik.com/content/2015/02/26/328/indigoloop.jpg
Jakarta - Peluang memulai usaha rintisan digital alias startup semakin besar saja di Indonesia. Apalagi, akses untuk menuju sukses semakin terbuka sejak Telkom membuka tangannya lebar-lebar untuk menampung bakat kreatif yang ada di negeri ini.

Startup berbakat yang punya potensi untuk tumbuh pesat tapi minim dana dan fasilitas kini bisa mencoba peruntungannya lewat program Indigo Incubator yang ditujukan untuk startup baru dan Indigo Accelerator yang ditujukan untuk startup digital bagi yang telah siap untuk ekspansi pasar.

Kedua program itu merupakan hasil kerja sama Telkom Group dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi Komunikasi Indonesia (MIKTI) yang baru saja kick-off hari ini di LOOP Station Mahakam, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Menurut Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo, kesempatan bagi startup lokal untuk tumbuh menjadi perusahaan global bersama Telkom Group sangat terbuka lebar.

"Mereka berkesempatan memiliki akses langsung terhadap 150 juta lebih customer base Telkom Group, baik pelanggan fixed line maupun mobile. Selain itu, mereka juga bisa bekerja sama dengan seluruh perusahaan di Telkom Group bahkan memasuki pasar global melalui representatif Telkom Group International Office di 10 negara," kata Indra yang juga Ketua Umum MIKTI.

Indra mengatakan, industri kreatif digital akan menjadi tulang punggung pertumbuhan di Indonesia di masa depan. Namun sayangnya, saat ini baik talent, founder, maupun ekosistem digitalnya masih perlu disempurnakan.

Itu sebabnya, kata dia, Telkom memberi kesempatan bagi para startup untuk merealisasikan karya kreatif mereka, baik yang masih dalam bentuk ide, produk yang sudah memiliki pengguna, maupun bisnis yang sudah mendatangkan pendapatan.

Startup yang terpilih akan mendapat dukungan inkubasi selama 7 bulan dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti, akses pasar melalui channel pemasaran Telkom, pendampingan bisnis dan teknis oleh para mentor, pendanaan Rp 250 juta per startup dengan opsi pendanaan lanjutan hingga Rp 2 miliar di tahap akselerasi Indigo Accelerator bagi produk yang memiliki prospek bisnis yang sangat baik.

Para startup ini juga akan memperoleh fasilitas kerja yang nyaman dan dinamis di Bandung Digital Valley, Jogja Digital Valley, Jakarta Digital Valley, lengkap dengan akses internet kecepatan tinggi dan beragam device dan server yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengembangan aplikasi.

Selain itu, akses ke berbagai Platform Digital Telkom Group, yang akan meningkatkan kualitas produk digital, seperti Payment Gateway, Cloud Services & Big Data. Terdapat 6 kategori produk yang dapat dipilih oleh startup, yaituCity & Goverment Solution, Business Solution, Home Solution, Commerce, Personal Apps, dan Social Media & Community.

Setelah kick-off Indigo Incubator ini, Telkom bersama MIKTI akan melakukan roadshow sebagai kegiatan sosialisasi sekaligus pra-inkubasi di beberapa kota di Indonesia antara lain Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Malang, Makassar dan Balikpapan, mulai Februari hingga April 2015.

Kandidat dari kota lain dapat mengikuti program pra-inkubasi melalui streaming online dan video conference. Hasil yang diperoleh peserta di program Pra-Inkubasi akan menjadi faktor penilaian pada proses seleksi Indigo Incubator 2015.

Startup yang tertarik untuk mengikuti program Indigo Incubator ini dapat mendaftarkan diri melalui situs indigoincubator.com sebelum 31 Maret 2015. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun Twitter @indigoincubator maupun email ke admin@indigoincubator.com.


(rou/rou)

Labels: Modal, Startup Lokal

Thanks for reading Startup Lokal Mau Modal Rp 2 Miliar? Begini Caranya!. Please share...!

0 Komentar untuk "Startup Lokal Mau Modal Rp 2 Miliar? Begini Caranya!"

Back To Top