-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Telepon Anies, JK Minta Begal Diberantas lewat Pendidikan

, CNN Indonesia
Telepon Anies, JK Minta Begal Diberantas lewat Pendidikan Polisi menunjukan tiga tersangka pelaku begal motor IS (18), D (18), dan ADP (18) berikut barang bukti yang berhasil ditangkap di Mapolresta Depok, Jawa Barat, Minggu (1/2). (AntaraFoto/ Indriarto Eko Suwarso)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti dengan serius aksi begal motor yang terjadi di beberapa daerah di DKI Jakarta akhir-akhir ini. Kalla juga mendiskusikan pemberantasan aksi yang meresahkan masyarakat ini dari akarnya.

"Saya tadi telepon Menteri Anies, saya bilang ini fenomena apa? Berarti ada masalah di sistem pendidikan. Kami harus teliti dan atasi apa solusinya," kata Kalla di Kediamannya, Makassar, Jum'at (27/2). 

 Kalla menilai bahwa permasalahan ini berawal dari pola kebiasaan remaja yang sering bercanda namun mengarah pada aksi intimidasi dan olok-olok yang akhirnya membesar dan berdampak pada tindakan kriminalitas.

Namun, aksi para begal motor yang terjadi di beberapa kota ini mengkhawatirkan sehingga Kalla meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk melakukan penelitian terkait relasi kondisi pendidikan di Indonesia saat ini dan aksi begal.

"Saya minta dilakukan penelitian yang bisa menganalisis apa penyebabnya dan apa solusinya dan itu harus selesai selama sebulan," kata Kalla.

Kekhawatiran Kalla meningkat karena jika dibandingkan kondisi masa lalu, remaja Indonesia juga tidak lagi ketat dalam belajar.

"Dahulu itu, anak-anak sebelum ujian pada berdoa, dan dispilin dalam belajar tidak terlambat, sekarang berbeda sekali. Jadi ini harus diperbaiki, dan dilihat," kata Kalla.

Diketahui, begal motor belakangan memang marak terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, seperti Depok dan Tangerang. Analisis sementara kepolisian menyebutkan, para begal bukan perorangan melainkan kelompok yang dibentuk berdasarkan kekerabatan dan kedekatan daerah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Martinus Sitompul menduga kelompok yang belakangan ini beraksi di ibukota merupakan komplotan asal Lampung, Pandeglang, Bekasi, Karawang dan Bogor. Sebagai antisipasi pihak kepolisian akan mengejar komplotan tersebut hingga ke daerah Sumatra.

Untuk menjerat para pelaku, anggota polisi berencana menyamar menjadi warga yang dapat dijadikan sasaran begal. Kepolisian juga telah membentuk tim khusus pemburu para begal. Setiap Polres memiliki satu tim yang terdiri dari 12 anggota polisi. (utd)

Labels: Anies, Begal, Wapres JK

Thanks for reading Telepon Anies, JK Minta Begal Diberantas lewat Pendidikan. Please share...!

0 Komentar untuk "Telepon Anies, JK Minta Begal Diberantas lewat Pendidikan"

Back To Top