-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Manuver Maut The Jupiter Saat HUT 69 TNI di Surabaya, Ini Fotonya

Budi Sugiharto - detikNews

Manuver Maut The Jupiter Saat HUT 69 TNI di Surabaya, Ini Fotonya
Jakarta - Enam pesawat Wong Bee KT-01B berwarna merah putih terbang dengan beragam formasi. Manuver tim The Jupiter juga dilakukan para pilot kebanggaan Indonesia saat memeriahkan HUT ke 69 TNI.

Masyarakat maupun undangan menikmati manuver maut tim jupiter di atas langit Dermaga Ujung, Markas Komando Armada Timur, Surabaya, pada Selasa (7/10/2014). Manuver yang dipertunjukkan memang membuat hati berdebar.

Keenam pesawat latih milik TNI itu menampilkan manuver Jupiter Roll begitu pertama kali melesat di atas langit. The Jupiters lalu terbang dari arah kiri bermanuver menanjak vertikal ke atas dengan jarak tidak lebih dari 3 meter.

Selanjutnya 2 pesawat, yakni Jupiter 5 dan Jupiter 6 berpisah dari 4 pesawat lainnya dan membuat atraksi yang tampak hampir bertabrakan dari kedua arah berlawanan.

Aksi tersebut membuat para penonton berdecak kagum dan ngeri dalam waktu bersamaan. Beberapa manuver lain ditampilkan oleh The Jupiters yang home base-nya berada di Lanud Adisucipto, Yogyakarta itu.

Manuver menarik yang ditampilkan oleh The Jupiters adalah saat 2 pesawat terbang dari atas ke bawah dan membetuk tanda 'hati' melalui asapnya. Aksi itu mendapat banyak tepuk tangan riuh dari penonton.

"Pair wingman akan berputar ke arah luar lalu bergabung kembali ke formasi," ucap Kapten Prb Dika Mahendra yang menjadi pemandu saat The Jupiters tampil saat itu.

 Sejumlah tokoh hadir dalam perayaan HUT TNI terbesar ini. Di antaranya Presiden SBY, Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wapres Terpilih Jusuf Kalla, Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste Xanana Gusmao, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Ketua Majelis Hakim Hamdan Zoelva.
Beberapa Gubernur yang mendapat baret dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga turut hadir. Di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.
Hari ini Indonesia pun berduka. Saat gladi resik tim aerobatik TNI AU Jupiter di pameran Dirgantara Langkawi, Malaysia, terjadi kecelakaan, Minggu (15/3/2015).

Dua pesawat Wong Bee KT-1B buatan Korea Selatan bertabrakan, terbakar, lalu para pilotnya menyelamatkan diri dengan kursi pelontar.

Di salah satu video tabrakan, terlihat bagaimana dua pesawat itu terlibat kecelakaan. Satu pesawat datang dari arah kiri layar, lalu satunya lagi dari arah sebaliknya. Diduga, mereka sedang melatih trik adu dua pesawat-seperti yang selama ini kerap dipertontonkan-, namun tidak berhasil.

Dua pesawat itu akhirnya saling menyerempet, lalu mengeluarkan asap. Tak lama kemudian, api muncul hingga membuat ledakan dan pesawat pun jatuh dalam kondisi terbakar.



(gik/ahy)
Labels: Hari Besar, TNI

Thanks for reading Manuver Maut The Jupiter Saat HUT 69 TNI di Surabaya, Ini Fotonya . Please share...!

0 Komentar untuk "Manuver Maut The Jupiter Saat HUT 69 TNI di Surabaya, Ini Fotonya "

Back To Top