-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Jokowi Anggarkan Rp 1,4 T untuk Transmigrasi, 1 Orang Dapat Rp 3,5 Juta/Bulan

Dana Aditiasari - detikfinance
Jokowi Anggarkan Rp 1,4 T untuk Transmigrasi, 1 Orang Dapat Rp 3,5 Juta/Bulan
Jakarta -Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Desa, Percepatan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi punya program transmigrasi 4 juta orang per tahun. Rencana ini merupakan upaya pemerataan pembangunan yang dicanangkan pemerintah kabinet kerja 2015-2019.

"Program pemerintahan Kabinet Kerja Pak Jokowi kami punya program untuk melakukan 4 juta orang transmigrasi‎ per tahun," tutur Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar saat ditemui usai menghadiri acara Rembuk Nasional di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin (27/4/2015).

Untuk memuluskan program ini, di tahun 2015 pemerintah akan menggelontorkan dana sekitar Rp 1,4 triliun. "Rp 1,4 triliun dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan B‎elanja Negara)," katanya.

Dana tersebut untuk transportasi pemindahan masyarakat ke wilayah tujuan transmigrasi. Sekaligus dana pembinaan awal senilai Rp 3,5 juta/bulan selama 18 bulan.

"Mereka itu kan dipindahkan mereka harus hidup. Sementara di tempat baru mereka belum punya pekerjaan. Makanya ibaratnya kita beri mereka modal hidup dulu selama 18 bulan. Setiap bulan nilainya Rp 3,5 juta per orang," katanya..
Adapun untuk fokus wilayah tujuan transmigrasi, ‎Marwan mengatakan, akan menyasar wilayah perbatasan. "Di Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, terutama di daerah perbatasan yang itu menjadi titik fokus kita," jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan wiliayah tujuan transmigrasi dengan melakukan komunikasi intensif bersama Kementerian dan Lembaga terkait.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah fokus meningkatkan kualitas infrastruktur jalan dan pemukiman di kawasan perbatasan. Beberapa Kementerian Lain juga serius memusatkan programnya di kawasan perbatasan, pedalaman dan wilayah terluar Indonesia.

"Nah program tranmigrasi itu akan sinergi dengan program kementerian lainnya sehingga kita nggak jalan sendiri-sendiri," katanya.(dna/hen)
Labels: 1 Orang Dapat Rp 3, 5 Juta/Bulan, Jokowi, Transmigrasi

Thanks for reading Jokowi Anggarkan Rp 1,4 T untuk Transmigrasi, 1 Orang Dapat Rp 3,5 Juta/Bulan. Please share...!

0 Komentar untuk "Jokowi Anggarkan Rp 1,4 T untuk Transmigrasi, 1 Orang Dapat Rp 3,5 Juta/Bulan"

Back To Top