-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ahli Geologi sebut tanah Bali menyimpan emas

Reporter : Gede Nadi Jaya
Ahli Geologi sebut tanah Bali menyimpan emas
Bali. ©2012 Merdeka.com


Merdeka.com - Bali tersenyum lebar di tengah kecemasan banyaknya negara-negara yang berencana akan memboikot wisata ke Bali pasca-eksekusi mati gembong narkoba. Pasalnya, di bahwa perut bumi Bali ternyata banyak mengandung emas.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi Bali, I Ketut Ariantana mengatakan, di dalam perut bumi Bali berpotensi menyimpan emas.

"Di Bali ketemu emas, itu mungkin. Tapi tidak ekonomis karena untuk melakukan penelitian membutuhkan dana tak sedikit," kata Ariantana di sela Gathering Media dengan Aqua di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Kamis (30/4).
Menurut Ariantana, secara geologis tanah Bali memiliki potensi kandungan emas. "Tapi memang perlu penelitian. Bisa jadi letaknya terlalu dalam," katanya.

Indikasi jika Bali memiliki potensi emas pernah ditemukan batu yang berasosiasi dengan pyrite. "Ini dibuktikan dengan ditemukan di Kabupaten Karangasem. Emas itu berasosiasi dengan Pyrite. Temuan batu itu indikasi Bali menyimpan emas," prediksinya.

Kendati begitu, Ariantana mengakui jika sejauh ini belum ada penelitian mengenai hal itu. "Pirit yang ditemukan tidak banyak. Belum pernah ada penelitian, juga eksplorasi," kata dia.

Apalagi, jika ditelisik dari rangkaian pulau bisa saja benar jika tanah Bali memendam emas. "Di Jawa ada, Lombok dan Sumbawa ada. Daerah itu memiliki rangkaian pulau. Hanya saja pembentukan Pulau Bali lebih muda dibanding pulau lain. Mungkin pengaruhnya di sana," ulasnya.
Untuk menjadi emas, Ariantana menyebut butuh waktu puluhan juta tahun. Sementara Pulau Bali baru terbentuk 15 juta tahun lalu.
Labels: Ahli Geologi, Tanah Bali Menyimpan Emas

Thanks for reading Ahli Geologi sebut tanah Bali menyimpan emas. Please share...!

0 Komentar untuk "Ahli Geologi sebut tanah Bali menyimpan emas"

Back To Top