-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Belasan Jurnalis Ikuti Wayang 'Wahyu Cakraingrat' di Bandung

Tia Agnes Astuti - detikhot
http://images.detik.com/content/2015/05/25/1059/160950_wayangjurnalis_fix.jpg  
Dok.Galeri Indonesia Kaya
Jakarta - Sukses menggelar dua pertunjukan Wayang Jurnalis berjudul 'Wahyu Cakraningrat' dan 'Petruk Nagih Janji', kali ini Wayang Jurnalis mendapat kesempatan diundang ke Festival Gunungan di Bale Pare Kotabaru Parahyangan, Padaralang, Bandung akhir pekan lalu.

Menyambut baik tawaran berpartisipasi dalam ajang kesenian topeng dan wayang berskala internasional tersebut, Bakti Budaya Djarum Foundation melalui Galeri Indonesia Kaya memilih menghadirkan pertunjukan wayang jurnalis yang mengangkat cerita 'Wahyu Cakraningrat'.

'Wahyu Cakraningrat' merupakan cerita wayang klasik tentang wahyu keprabon atau wahyu keraton. Cakraningrat sendiri terdiri dari kata 'Cakra', 'Ning' dan 'Rat'. 'Cakra' artinya memutar, 'Ning' artinya di, 'Rat' artinya dunia.

Meski kisah wayang klasik tentang wahyu keprabon atau wahyu keraton itu pernah dimainkan dalam pertunjukan Wayang Jurnalis yang perdana, dipastikan ada hal baru yang ditawarkan dalam pergelaran di Bandung hari ini. Pada Oktober tahun lalu, Wayang Jurnalis pertama diadakan setelah keluar hasil pemilihan presiden.

Baca Juga: Instalasi 'Gereja Jadi Masjid' Ditutup Kepolisian Venesia

Lakon 'Wahyu Cakraningrat' pun menjadi relevan karena yang mengingatkan soal karakter pemimpin yang layak, tak tergoda oleh harta, tahta dan wanita. Sutradara Kenthus Ampiranto menilai lakon tersebut relevan dengan kondisi yang dialami negara kita saat ini.

"Wahyu Cakraningrat jadi panduan kalau jadi seorang pemimpin yang mumpuni, kodrat pemimpin yang penting bekalnya lulus dari segala ujian dan kualifikasinya," ujar Kenthus dalam keterangannya, Sein (25/5/2015).

Pementasan tersebut juga semakin segar serta menghibur dengan hadirnya Mario Ginanjar dari Kahitna yang memberikan warna tersendiri, dengan perannya sebagai Raden Sombo.

"Saya sangat antusias sekali akan keterlibatan saya di acara wayang orang jurnalis ini karena menurut saya ini adalah salah satu langkah yang menurut saya krusial sekali untuk budaya Indonesia," kata Mario.

(tia/ron)
Labels: Bandung, Jurnalis, Wayang 'Wahyu Cakraningrat'

Thanks for reading Belasan Jurnalis Ikuti Wayang 'Wahyu Cakraingrat' di Bandung. Please share...!

0 Komentar untuk "Belasan Jurnalis Ikuti Wayang 'Wahyu Cakraingrat' di Bandung"

Back To Top