-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Eks Menlu Marty: Dubes Burhan Berhasil Kerjakan Tugasnya dengan Baik

Yudhistira Amran Saleh - detikNews

Eks Menlu Marty: Dubes Burhan Berhasil Kerjakan Tugasnya dengan Baik Foto: Yudhistira/detikcom
Jakarta - Mantan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa mengenang Dubes RI untuk Pakistan, Burhan Muhammad sebagai sosok yang ramah. Bagi Marty, Burhan yang wafat karena kecelakaan helikopter di Pakistan, sudah melaksanakan tugasnya dengan optimal.

"Yang menonjol yang dari sosok Almarhum adalah tadi sikap dan tutur katanya. Tapi selain itu sebagai orang profesional juga orang yang tanggung jawab atas misinya. Oleh karena itu dia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang apa misi yang dipikul beliau, dan bagaimana bisa melakukannya dengan sebaik mungkin," kata Marty saat melayat jenazah Burhan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakpus, Selasa (19/5/2015).

Marty menuturkan, saat diberi penugasan sebagai Dubes RI untuk Pakistan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. "Jadi tentu proses seleksi dan pendalaman misi kami terus bersama beliau. Beliau memahami apa yang menjadi tugas dan misi," sambungnya.

Kejadian yang dialami Dubes Burhan bersama istrinya Hery Listyawati menurut Marty tak bisa diduga. Namun para Dubes memang punya risiko tugas tersendiri.

"Hari demi hari banyak diplomat kita di pelosok dunia baik Dubes maupun sampai tingkat operasional yang mempertaruhkan keamanan dan keselamatannya hari demi hari, demi kepentingan kita. Saya kira itu yang patut diapresiasi," tutur Marty.
Marty menegaskan kinerja Burhan semasa menjabat Dubes harus diapresiasi.

Jenazah Burhan disemayamkan di Gedung Pancasila malam ini. Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla serta sejumlah pejabat negara melayat jenazah Burhan. Besok pagi sekitar pukul 06.10 WIB, jenazah diterbangkan ke Yogyakarta.

 Sebelumnya Wapres menyatakan pemerintah akan memberikan bintang penghargaan terhadap Burhan. Burhan wafat setelah mendapat perawatan medis akibat kecelakaan helikopter di Pakistan bersama istrinya Hery Listyawati.

"Bapak Presiden menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya, Beliau berpulang dalam tugas. Maka pemerintah memberikan bbintang penghargaan pada Beliau atas pengorbanannya, apalagi Beliau dengan istri dalam tugas bersama," kata JK usai melayat jenazah Burhan .
Selain itu, kedua anak Burhan dan Listyawati yakni Pittra Amrullah dan Yoga Sulistya Burhan juga akan mendapatkan beasiswa.

"Presiden menginstruksikan memberi tunjangan beasiswa pada anak Beliau sampai tingkat tertinggi," tegas JK.

Burhan Muhammad dan Listyawati mengalami kecelakaan saat naik helikopter militer MI-17 Pakistan pada Jumat (8/5). Lokasi kejadian berada di pegunungan utara Pakistan. Hery Listyawati telah dimakamkan pada Kamis (14/5) lalu di Yogya.

(fdn/fdn)
Labels: Dubes Burhan, Eks Menlu Marty

Thanks for reading Eks Menlu Marty: Dubes Burhan Berhasil Kerjakan Tugasnya dengan Baik . Please share...!

0 Komentar untuk "Eks Menlu Marty: Dubes Burhan Berhasil Kerjakan Tugasnya dengan Baik "

Back To Top