-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Napak Tilas Keris Singosari, Naga Siluman Sampai Pedang Gaib

Yudhistira Amran Saleh - detikNews

Napak Tilas Keris Singosari, Naga Siluman Sampai Pedang Gaib  
Keris Singosari, Foto: Tiara detikcom 
 
Jakarta - DPR menggelar pameran keris Nusantara. Keris milik para kolektor dipajang di selasar Gedung Nusantara DPR, beberapa punya nama unik dan asal-usul berbau klenik. Namun nyatanya para peminat pameran ini cukup banyak, termasuk mahasiswa asal Amerika Serikat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon berpartisipasi dengan menghadirkan puluhan keris koleksinya. Salah satunya bernama keris Singosari, yang merupakan keris tertua di pameran tersebut.

"Ini yang paling tua, dari abad ke-11," ucap Fadli saat menunjukkan koleksinya itu di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2015) kemarin.

Kurator pameran Basuki Teguh Yuwono menceritakan keistimewaan keris tersebut. Salah satunya adalah kelangkaannya. "Dalam dunia perkerisan, tangguh Singosari sangat langka. Jumlahnya tidak banyak," ucap Basuki.

Dia menuturkan, keris-keris ini kemungkinan besar tertinggal saat ada ekspansi ke Melayu. Yang menarik dari keris Singosari ini adalah detailnya yang sempurna. "Ini adalah kesempurnaan dari prototipe awal sebuah keris. Kedetailannya sempurna," ujar Basuki.

Mendagri Tjahjo Kumolo tak mau ketinggalan. Tjahjo memamerkan sejumlah keris koleksinya, salah satunya keris Naga Siluman yang cukup fenomenal. Tak hanya itu, Tjahjo juga memamerkan koleksinya yang sangat langka.

"Ada pedang panjang yang saya yakini milik zaman kerajaan Banten. Saya peroleh secara gaib, ada sepasang. Konon untuk hukuman mati dulu. Dan ada lagi beberapa keris zaman Mataram dan Majapahit," kata Tjahjo.

Tjahjo mengaku banyak mengoleksi barang-barang seni zaman dulu. Koleksinya semata-mata untuk menjaga identitas nilai budaya yang tinggi, berkarakter, dan bertuah. "Yang sempat saya pamerkan ada keris dari zaman Mataram dan Majapahit. Saya punya koleksi hampir 60 buah," kata eks Sekjen PDIP ini.

Kamis (21/5/2015) ini banyak sekali yang tertarik melihat pameran keris yang akan berlangsung hingga hari Minggu ini. Bahkan sekelompok mahasiswa asal AS pun ikut menikmati lekuk indah keris Nusantara tersebut. Anda juga tertarik?


(van/nrl)
Labels: Pameran Keris Nusantara

Thanks for reading Napak Tilas Keris Singosari, Naga Siluman Sampai Pedang Gaib . Please share...!

0 Komentar untuk "Napak Tilas Keris Singosari, Naga Siluman Sampai Pedang Gaib "

Back To Top