-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Outlook Ekonomi RI Naik Positif, Ini Rencana Pemerintah Jokowi Selanjutnya

Maikel Jefriando - detikfinance
Outlook Ekonomi RI Naik Positif, Ini Rencana Pemerintah Jokowi Selanjutnya
Jakarta -Lembaga pemeringkat internasional, Standard and Poor’s (S&P) mengubah outlook rating Indonesia dari stable (stabil) menjadi positive (positif), yaitu BB+. Kemungkinan Indonesia akan memperoleh peningkatan rating lagi dalam 12 bulan ke depan, menuju investment grade.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menuturkan, laporan ini cukup mengejutkan di tengah negara berkembang yang ada. Sebab beberapa waktu lalu, negara seperti Afrika Selatan, Brasil, dan Rusia justru peringkatnya dikoreksi ke bawah.

"Pada periode 2014-2015, ada beberapa emerging market yang malah mengalami downgrade rating," tegasnya di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (21/5/2015)

Dalam laporannya, memang terlihat beberapa catatan penting dalam kebijakan pemerintah. Khususnya dari sisi fiskal, dengan pengalihan anggaran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke arah pembangunan infrastruktur yang lebih produktif.

"Mereka akan mengecek terus progres infrastruktur. apakah memenuhi janji dari penghematan subsidi BBM. Maka kita harus menjaga konsistensi dalam menjalankan kebijakan tersebut," ungkapnya.
Kemudian dilanjutkan dengan inisiatif pemerintah dalam mempermudah investasi. Seperti kebijakan pengadaan lahan untuk kepentingan publik dan upaya untuk penyederhanaan proses perizinan dan insentif perpajakan untuk investor.

"Kita juga berupaya untuk meningkatkan penerimaan, agar defisit tetap dijaga dalam batas yang rendah," terang Bambang.

Apa keuntungan Indonesia dengan outlook tersebut?

Bambang menjelaskan, Indonesia akan terbantu ketika membutuhkan pembiayaan dari pasar. Karena cost of fund atau beban bunganya menjadi lebih rendah dan menambah basis investor. Apalagi Indonesia masih butuhkan banyak pembiayaan.

"Kalau mencari utang dari market maka cost of fund lebih murah dan menambah basis dari investornya. Karena pengalamannya banyak yang ketika kita butuh utang walaupun negaranya bagus tapi peringkatnya jelek, tetap sulit. Di sana ada syarat harus investment grade," tukasnya.(mkl/dnl)
Labels: Outlook Ekonomi RI Naik Positif

Thanks for reading Outlook Ekonomi RI Naik Positif, Ini Rencana Pemerintah Jokowi Selanjutnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Outlook Ekonomi RI Naik Positif, Ini Rencana Pemerintah Jokowi Selanjutnya"

Back To Top