-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Pasca Sabda Raja, Adik Sultan Sebut Tidak Ada Raja di Keraton Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikNews
Pasca Sabda Raja, Adik Sultan Sebut Tidak Ada Raja di Keraton Yogyakarta  
Dok Detikcom
Bantul - Sabda Raja Sri Sultan HB X menimbulkan kontroversi di kalangan keluarga keraton. Adik-adik Sultan tidak menerima isi Sabda Raja yang dinilai sudah keluar dari tatanan adat. Karena gelar Sultan telah dilepas dan diganti, maka itu ada tatanan baru.

Adik Sri Sultan HB X, GBPH Yudhaningrat, mengatakan bahwa keluarga jelas tidak menerima adanya Sabda Raja. Keluarga besar keraton Yogyakarta pun akan menggelar rapat besar untuk membahas permasalahan tersebut.

"Mulai tanggal 30 April kemarin (Sabda Raja pertama), maka sudah tidak ada Raja di kasultanan. Otomatis jabatan Gubernur DIY juga kosong," kata GBPH Yudhaningrat dalam penyerahan honor kepada abdi dalem keraton Surakarta di Pendopo Kabupaten Puralaya Surakarta, Imogiri, Bantul, Rabu (6/5/2015).

Raja Kasultanan Keraton Yogyakarta yang menyandang gelar Khalifatullah, yakni Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Ngalaga Ngabdurrakhman Sayidin Panatagama Khalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping Sedasa Ing Ngayogyakarta Hadiningrat. Jika gelar itu sudah dihilangkan, maka Sultan sudah bukan lagi Raja Kasultanan Yogyakarta.

Sementara jabatan Gubernur DIY selama ini yang sah adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X. Karena Buwono diganti Bawono maka jelas sudah berbeda. Menurut GBPH Yudhaningrat, hal tersebut bisa menjadi masalah dalam administrasi. Perubahan tersebut sudah menyalahi UU keistimewaan DIY.

Semua yang menjadi isi dalam Sabda Raja, menurutnya batal demi hukum. Gelar untuk putri Sultan HB X, GKR Pembayun, yang menjadi GKR Mangkubumi juga batal karena tidak dikenal dalam aturan adat.

Pasca Sabda Raja, pihaknya mengakui kerabat tidak datang saat diundang rapat. Karena nama yang mengundang sudah bukan lagi nama Raja yang selama ini diakui oleh keraton.

Sultan sendiri telah angkat bicara soal protes adik. Dia mengaku mengundang adik dan kerabat dalam Sabda Raja. Namun beberapa adik tidak hadir.

"Nggak masalah kalau nggak setuju, yang nggak kenal saya nggak setuju juga nggak masalah," tutur Sultan usai menemui Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia di Kepatihan, Jalan Malioboro, Yogyakarta.

(try/try)
Labels: Adik Sultan, Rebutan Tahta Keraton Yogya, Yogyakarta

Thanks for reading Pasca Sabda Raja, Adik Sultan Sebut Tidak Ada Raja di Keraton Yogyakarta . Please share...!

0 Komentar untuk "Pasca Sabda Raja, Adik Sultan Sebut Tidak Ada Raja di Keraton Yogyakarta "

Back To Top