-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Plt Dirjen PAS Targetkan Lapas Khusus Narkoba Terbentuk Tahun Ini

Elza Astari Retaduari - detikNews
Plt Dirjen PAS Targetkan Lapas Khusus Narkoba Terbentuk Tahun Ini
Jakarta - Plt Dirjen Pemasyarakatan (PAS) yang baru saja dilantik, Ma'mun menargetkan pembentukan Lapas Khusus Narkoba dapat terealisasi tahun ini. Salah satu langkah yang perlu dilakukan menurut Ma'mun adalah menginventarisir pengedar narkoba.

"(Targetnya) tahun ini. Kita yang perlu waktu itu pertama renovasi, ini harus maksimun security. Kita terbatas sekali. Harus maksimun security. Satu kamar satu sehingga tidak saling berhubungan, harus menyiapkan petugasnya, harus pilihan," ungkap Ma'mun yang hadir dalam peluncuran buku Evy Amir Syamsuddin di Taman Ismail Marzuki, Jakpus, Rabu (6/5/2015).

Langkah yang saat ini tengah dilakukan oleh Ditjen PAS adalah memetakan bagaimana pembentukan Lapas Khusus Narkoba. Selain itu juga Ditjen PAS kini tengah menyiapkan regulasinya.

"Pertama memetakan ya. Ini lapas yang ideal sulit, paling tidak untuk pengamanan yang maksimum. Tadi baru rapat lah, belum diputuskan, jadi akan mudah-mudahan minggu depan sudah diputuskan," kata Ma'mun.

"Menyiapkan regulasinya. Manajemennya tentu beda dengan lapas sebelumnya. Termasuk juga menginventarisir pengedar, tidak semata-mata tapi yang potensial masih mengedarkan lagi. Dan itu bisa dikelola bersama, diawasi bersama oleh Polri, BNN. Harus kerja sama bersinergi, karena kalau kami sendiri punya keterbatasan," sambungnya.

Keamanan yang ketat pun, kata Ma'mun, perlu menjadi pertimbangan. Untuk itu Dirjen PAS akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meminjam infrastrukturnya seperti satelit.

"Karena ini kan lapas maksimum security. Berikutnya juga menginventarisir sarana keamanan yang diperlukan. Sarananya harus beda untuk pengamanan, sehingga tidak manual lagi. Ada CCTV, inventaris sesuai kebutuhan," jelas Ma'mun.

Untuk anggaran sendiri, pihak Ditjen PAS masih mengupayakannya. Kemenkeu diketahui memberikan tanda bintang pada anggaran untuk pembentukan Lapas khusus Narkoba sehingga dananya hingga saat ini belum cair.

"Masih kami upayakan. Ya nanti kita kalau ada hambatan, tantangan makin tinggi, makin semangat. Kami memahami pemerintah ada prioritas yang lebih mendesak. Kita semangatnya koordinasi kerja sama," tutup Ma'mun.


(ear/jor)
Labels: Plt Dirjen PAS, Targetkan Lapas Khusus Narkoba

Thanks for reading Plt Dirjen PAS Targetkan Lapas Khusus Narkoba Terbentuk Tahun Ini . Please share...!

0 Komentar untuk "Plt Dirjen PAS Targetkan Lapas Khusus Narkoba Terbentuk Tahun Ini "

Back To Top