-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Cegah Kejahatan di Laut, Koarmabar Periksa 44 Kapal dalam 2 Pekan

Elza Astari Retaduari - detiknews
Cegah Kejahatan di Laut, Koarmabar Periksa 44 Kapal dalam 2 Pekan
(Dok Ko Armabar)

Jakarta - TNI AL terus berupaya untuk menjaga kedaulatan NKRI dengan melakukan patroli di laut. Dalam 2 pekan, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) pun berhasil memeriksa 44 kapal yang mencurigakan dan yang terkait dengan pindakan pidana.

Koarmabar menggelar 2 operasi selama 2 pekan terakhir, yakni operasi Mandhala Baruna-15 dan Operasi Angsa Baruna-15 yang digelar di perairan wilayah barat Indonesia. Adapun yang bertugas dalam operasi ini adalah BKO Gugus Tempur Laut Koarmabar (Guspurlaarmabar).

"Dalam operasi Mandhala Baruna-15 yang melibatkan 6 unsur KRI berhasil memeriksa 32 kapal. Sedangkan pada operasi Angsa Baruna-15 melibatkan 4 unsur KRI berhasil memeriksa 12 kapal," ungkap Kadispen Koarmabar Letkol Ariris Miftachurrahman dalam siaran pers Koarmabar yang diterima detikcom, Kamis (18/6/2015).
Adapun 6 KRI yang bertugas dalam operasi Mandhala Baruna adalah KRI Siada-862, KRI Silea-858, KRI Wiratno-379, KRI Halasan-830, KRI Patiunus-384, KRI Clurit-641. Sementara 4 KRI yang terlibat dalam operasi Angsa Baruna adalah  KRI Kujang-642, KRI Surik-645, KRI Pulau Rangsang-727, dan KRI Teuku Umar-385.

Menurut Ariris, Komandan Guspurlaarmabar Laksamana Pertama TSNB Hutabarat menekankan kepada para komandan KRI agar meningkatkan kegiatan pemeriksaan. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan dini potensi tindak pidana di laut, penyelundupan senjata dan amunisi, serta memberikan rasa aman bagi pengguna laut.

"Komandan Guspurlaarmabar juga mengingatkan agar meningkatkan kegiatan komunikasi/kontak dengan kapal-kapal selama patroli sektor dan lego jangkar sebagai sarana pengumpulan data informasi dan bukti kehadiran unsur TNI AL di laut serta mengutamakan zero accident selama pelaksanaan operasi keamanan laut," jelas Ariris.
Pada operasi yang digelar dari tanggal 1-15 Juni 2015 tersebut, KRI Siada menerima ucapan bravo zulu dari Laksma TSNB Hutabarat karena telah melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (Jarkaplid) tertinggi. Dalam 2 pekan operasi, KRI Siada berhasil memeriksa 13 kapal. 
(elz/rvk)

Labels: Cegah Kejahatan Laut, Koarmabar

Thanks for reading Cegah Kejahatan di Laut, Koarmabar Periksa 44 Kapal dalam 2 Pekan. Please share...!

0 Komentar untuk "Cegah Kejahatan di Laut, Koarmabar Periksa 44 Kapal dalam 2 Pekan"

Back To Top