-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Abu Gunung Raung Masih Mencapai 1.000 Meter

Ardian Fanani - detikNews Abu Gunung Raung Masih Mencapai 1.000 MeterFoto: Ardian Fanani

 Banyuwangi - Meski kegempaan tremor Gunung Raung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Jember dan Bondowoso menurun, namun abu vulkanis yang dikeluarkan diudara semakin tebal dan meninggi. Data dari Pos Pantau Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung raung di Dusun Mangaraan, Desa Sumberarum Kecamatan Songgon, Asap tebal berwarna kelabu masih terus mengepul diatas permukaan gunung.

Bahkan ketinggian pancaran abu ke udara mencapai 1.000 meter dari puncak Raung.

“Saat ini paling tinggi untuk ketinggian abu dari puncak gunung. Dibandingkan hari-hari biasanya hanya sekitar 400 sampai 500 meter,” ujar Hendra Gunawan, Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat pada PVMBG, kepada detikcom, Minggu (12/7/2015) malam.

Menurutnya, meski semakin tinggi hembusan abu ke udara, tapi tekanan lontaran abu tersebut melemah. Ini menurutnya sama dengan Gunung Bromo yang sempat mengeluarkan abu vulkanik beberapa waktu yang lalu.

“Hampir sama dengan Bromo yang ngowos beberapa waktu lalu. Tekanan melemah tapi abu keluar tebal dan banyak,” tambahnya.
Terkait dengan bahaya penerbangan dengan adanya abu vulkanis Gunung Raung yang sekamin meninggi, Hendra mengatakan hal tersebut bisa saja membahayakan penerbangan jika terbawa angin yang berhembus. Namun dirinya menyatakan PVMBG tidak memiliki wewenang terkait dengan peringatan bahaya abu tersebut terhadap penerbangan.

“Memang bahaya. Tapi kita tidak mengeluarkan peringatan tersebut. Ada lembaga sendiri yang mengurusi hal itu,” pungkasnya.
Abu vulkanik yang mencapai 1000 meter saat ini terus keluar dan terlihat dari puncak Gunung Raung. Abu tersebut terbawa angin menuju barat daya dan selatan.
(rvk/rvk)
Labels: Gunung Raung

Thanks for reading Abu Gunung Raung Masih Mencapai 1.000 Meter. Please share...!

0 Komentar untuk "Abu Gunung Raung Masih Mencapai 1.000 Meter"

Back To Top