-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Antisipasi Kekeringan, Kemenkeu Siapkan Rp 3,5 T Buat Cadangan Pangan

Muhammad Idris - detikfinance
Antisipasi Kekeringan, Kemenkeu Siapkan Rp 3,5 T Buat Cadangan Pangan
Jakarta -Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiagakan dana mencapai Rp 3,5 triliun untuk cadangan pangan, dana tersebut digunakan untuk antisipasi penurunan produksi akibat kekeringan tahun ini.

"APBN-P tahun ini ada dana Rp 1,5 triliun untuk cadangan beras pemerintah. Lalu ada Rp 2 triliun untuk cadangan pangan. Totalnya Rp 3,5 triliun itu semua bisa dipakai," ungkap Kepala Kebijakan Fiskal, Kemenkeu, Suahasil Nazara saat ditemui usai rapat koordinasi Di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Suahasil menjelaskan, kalau diperlukan, semua anggaran cadangan tadi bisa dipakai selama fenomena El Nino berlangsung. "Prediksi El Nino sampai September. Kalau ada kekurangan anggaran, misalnya untuk penugasan Bulog tambahan penyerapan beras, maka dana akan ditambah. Dananya ada terus," jelasnya.
Ia menambahkan, dana cadangan pangan tersebut terus ada baik kekeringan maupun tidak. Disinggung mengenai peluang impor beras. Dalam rapat tadi belum ada opsi tersebut.

"Tadi masih lihat stok beras termasuk produksi sampai September dulu, belum ada opsi impor," katanya.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) meramalkan dalam ARAM I terdapat penambahan jumlah areal tanam padi Oktober 2014-Maret 2015 seluas 400.000 hektar. Produksi gabah pun diramalkan surplus hingga 5 juta ton. Data tersebut menjadi 'tabungan' menghadapi resiko penurunan produksi beras akibat kekeringan.

Deputi Statistik BPS Adi Lumaksono mengatakan, ada peningkatan produksi beras tahun ini yang telah terealisasi Januari-April. "Data ARAM I ada prediksi penambahan areal tanam padi, lalu April-September nanti juga diperkirakan ada penambahan lagi, ini bisa jadi 'tabungan'," jelasnya ditempat yang sama.
Meski demikian, tetap perlu dihitung dan diantisipasi penurunan produksi padi bulan Juli hingga selesai El-Nino. "ARAM belum memperhitungkan faktor El-Nino, nah itu yang kami belum buat skenario," tuturnya.
Adi mengungkapkan, kesimpulan sementara, ternyata dampak el-nino tidak serta merta menurunkan produksi padi. "Perlu dipetakan kalau yang sudah ditanam atau standing crop, mana yang bisa panen dan mana yang tidak. Sebab tidak semua yang terdampak kemarau itu bakal gagal panen," tutupnya.(rrd/rrd)
Labels: Antisipasi Kekeringan, Buat Cadangan Pangan, Kemenkeu Siapkan Rp 3koma5 T

Thanks for reading Antisipasi Kekeringan, Kemenkeu Siapkan Rp 3,5 T Buat Cadangan Pangan. Please share...!

0 Komentar untuk "Antisipasi Kekeringan, Kemenkeu Siapkan Rp 3,5 T Buat Cadangan Pangan"

Back To Top