-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Bos BUMN Ini Sebut 'Tol Laut' Jokowi Sudah Jalan 75%

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Bos BUMN Ini Sebut Tol Laut Jokowi Sudah Jalan 75%
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya program angkutan kapal barang berjadwal alias 'tol laut'. Program ini diperlukan untuk menurunkan ongkos logistik barang yang selama ini tak efisien.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Mulyono mengklaim 75% tol laut di Indonesia sebetulnya sudah berjalan terutama di wilayah Indonesia barat yang punya layanan angkutan laut berjadwal. Sedangkan di Indonesia Timur belum ada angkutan laut berjadwal untuk barang.

"3/4 (75%) tol laut Indonesia sudah berjalan. Yang belum itu di daerah Papua dan Maluku," kata Mulyono saat diskusi Transportasi dan Logistik di Philip Kotler Theater, Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2015).

Mulyono menyebutkan tantangan menyatulan tol laut adalah pengembangan kawasan Industri atau pusat bisnis di Indonesia Timur yakni Papua dan Maluku. Dengan adanya pusat ekonomi, kapal angkutan barang tidak lagi membawa angkutan kosong saat pulang dari Indonesia bagian timur menuju bagian barat dan sebaliknya.

"Pekerjaan rumah utama, kembangkan industri di timur. Melalu kebijakan, investor pejuang ke timur. Rangsangan perlu dilakukan," ujarnya.

Tol laut terbukti mampu menekan ongkos logistik. Saat ini, pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo IV telah dilalui angkutan kapal besar internasional berjadwal rute Papua Nugini-Bitung-Tanjung Pelepas Malaysia. Pelayaran oleh armada Maersk Line mampu menekan ongkos angkut.

"Rute lokal, ada Bitung-Belawan untuk angkutan berjadwal. Sebelum adanya tol laut, lama perjalanan 9,5 hari. Setelah ada tol laut hanya 6 hari dan ada ganti kapal. Ini hemat ongkos 60%," ujarnya.

Di tempat yang sama Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bobby Mamahit menyebutkan pemerintah akan membantu program tol laut dari sisi kapal. Kemenhub memberikan subsidi angkutan kapal barang kepada PT Pelni (Persero). Rute yang disasar ialah Papua, Maluku, NTT hingga Natuna.

"Kapal lalu lalang disubsidi. Kita penugasan trayek ke Pelni. Ada 5 trayek menuju titik atau daerah nggak maju. Diharapkan harga barang nggak jauh. Papua, Maluku utara, Natuna, NTT. Pembangunan kapal feeder dengan Pelni," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Jonan mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar, harus punya sistem transportasi laut yang terjadwal khususnya untuk angkutan barang. Saat ini, hanya wilayah Indonesia Barat saja yang punya sistem angkutan laut terjadwal, sedangkan bagian Timur hanya untuk angkutan orang saja.

"Kalau kapal penumpang hampir seluruh Indonesia terjadwal, kalau kapal barang? Di perairan barat Indonesia terjadwal, kapal barang berangkat kapan, datang kapan, jenis kapal apa, muat berapa, itu ada. Namun di timur banyak yang tidak ada, terutama di daerah-daerah kecil. Tahun depan kita cari anggaran perintis (kapal)," kata Jonan


(feb/hen)
Labels: 'Tol Laut' Jokowi Sudah Jalan 75%, Bos BUMN

Thanks for reading Bos BUMN Ini Sebut 'Tol Laut' Jokowi Sudah Jalan 75%. Please share...!

0 Komentar untuk "Bos BUMN Ini Sebut 'Tol Laut' Jokowi Sudah Jalan 75%"

Back To Top