-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

China Punya Uang US$ 3,73 Triliun, Wajar Ditawari Borong Surat Utang RI

Maikel Jefriando - detikfinance
China Punya Uang US$ 3,73 Triliun, Wajar Ditawari Borong Surat Utang RI
Foto: Reuters  

Jakarta -Salah satu alasan pemerintah Indonesia menawarkan Bank Sentral China memborong surat utang negara (SUN) yang diterbitkan adalah, karena cadangan devisa China mencapai US$ 3,73 triliun per Maret 2015.

"Itu triliunan cadangan devisanya. Itu kan refleksi dari kemampuan dia meminjamkan, karena itu dolar yang dimiliki China kan," kata Schneider Siahaan, Direktur Strategis dan Portfolio Utang, Ditjen Pembiayaan dan Pengeloaan Risiko (DJP2R) Kementerian Keuangan, kepada detikFinance, Senin (13/7/2015).

Bila hal tersebut dapat direalisasikan, tentunya akan membantu kebutuhan pembiayaan yang ada di Indonesia. Karena mengingat kebutuhan pemerintah yang sangat besar dan terus meningkat setiap tahunnya.
Tercatat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015, total target penerbitan SBN yang ditetapkan sebesar Rp 452,1 triliun.

Selama ini, penerbitan surat utang hanya pada denominasi mata uang Internasional tertentu. Selain dolar Amerika Serikat (AS), adalah euro dan yen. "Kami kan rata-rata berhubungan dengan negara lain kan yang hard currency, misalnya dolar, euro, dan yen," terangnya.

Untuk kelompok Bank Sentral yang selama ini aktif dalam pembelian SUN adalah dari Timur Tengah, Eropa dan, beberapa negara lainnya untuk fund long term atau jangka panjang. Nilainya mencapai Rp 102,3 triliun pada posisi 7 Juli 2015.

"Harapan kami memang China bisa ikut dalam pembelian SUN," tegas Schneider.

(mkl/ang)
Labels: China Punya Uang US$ 3koma73 T, Wajar Ditawari Borong Surat Utang RI

Thanks for reading China Punya Uang US$ 3,73 Triliun, Wajar Ditawari Borong Surat Utang RI. Please share...!

0 Komentar untuk "China Punya Uang US$ 3,73 Triliun, Wajar Ditawari Borong Surat Utang RI"

Back To Top