-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Gunung Raung Masih Keluarkan Abu Vulkanik

Ardian Fanani - detikNews
 Gunung Raung Masih Keluarkan Abu Vulkanik 
Foto: Ardian Fanani

 Banyuwangi - Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso saat ini masih terus aktif mengeluarkan abu vulkaniknya. Namun aktivitas kegempaan tremor (gempa di kedalaman) malah menurun. Penurunan gempa tremor ini mencapai 28 mm.

Menurut Kepala Pos Pantau Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung, Balok Suryadi, gempa tremor Gunung Raung sejak kemarin, Sabtu (11/7) hingga saat ini menurun.

"Menurut data yang terekam PPGA Gunung Raung, sejak dinyatakan siaga, gempa tremor mencapai 29 mm, namun sejak kemarin menurun menjadi 28 mm," ujarnya kepada detikcom, di PPGA Raung, Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Minggu (12/7/2015).

Menurutnya, meski ada penurunan kegempaan tremor, aktivitas vulkanik Gunung Raung tetap berlangsung. Gunung setinggi 3.332 mdpl ini tetap mengeluarkan abu tebal kehitaman. Selain itu, diselingi dengan suara gemuruh pelan dan terkadang keras.

"Aktivitas vulkaniknya terus. Abu juga terus keluar," tambahnya.

Sementara untuk penyebaran abu vulkanik di Banyuwangi merata. Sebab abu vulkanik berhembus sesuai dengan arah mata angin. Sebelumnya abu vulkanik tertiup ke arah timur dan tenggara. Namun untuk saat ini menyebar ke arah utara dan selatan.

"Semua terdampak abu di Banyuwangi. Ini sesuai dengan arah mata angin," pungkasnya.

(hri/hri)
Labels: Gunung Raung

Thanks for reading Gunung Raung Masih Keluarkan Abu Vulkanik. Please share...!

0 Komentar untuk "Gunung Raung Masih Keluarkan Abu Vulkanik"

Back To Top