-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

LRT Ahok Punya 3 Gerbong, Sekali Jalan Angkut 678 Orang

Angga Aliya - detikfinance
LRT Ahok Punya 3 Gerbong, Sekali Jalan Angkut 678 Orang  
LRT di Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: backpackingmalaysia.com)
 
Jakarta -Tak lama lagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun sarana transportasi massal Light Rail Transit (LRT). Kereta ringan ini bisa membawa 678 penumpang sekali jalan.

LRT ini akan bergerak secara otomatis tanpa menggunakan masinis seperti kereta pada umumnya. Ukuran keretanya sekitar 2,7 meter sampai 2,8 meter.
Berdasarkan Dokumen Usulan MRT Pemprov DKI yang didapat detikFinance, Selasa (14/7/2015), kapasitas LRT lebih kecil dari MRT (Mass Rapid Transit) ataupun Kereta Rel Listrik (KRL).

LRT di Jakarta merupakan rangkaian kereta yang terdiri dari maksimal tiga kereta. Setiap rangkaian kereta hanya bisa mengangkut maksimal 678 orang penumpang.

Masing-masing gerbong memiliki mesin penggerak sehingga tidak terpusat dalam satu gerbong. Karena dimensinya yang kecil, LRT memiliki keunggulan, radius putarnya hanya 20-30 meter.

Berbeda dengan MRT dan KRL yang diatas itu. Karena itu LRT cocok dioperasikan di kawasan perkotaan dengan kondisi seperti Jakarta yang memiliki gedung-gedung tinggi.

"Selain itu, pembangunan moda transportasi ini pun akan bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan biaya perawatan yang tidak setinggi monorel bila sudah beroperasi nanti," tulis dokumen tersebut.

Semua perlintasan LRT di Jakarta direncanakan dibangun dengan jalur layang (elevated) sejajar dengan jalur jalan yang sudah ada. Ini berbeda dengan perlintasan MRT yang dibangun dalam dua jenis, yakni layang dan bawah tanah (underground).(ang/dnl)
Labels: LRT, LRT Ahok Punya 3 Gerbong, Sekali Jalan Angkut 678 Orang

Thanks for reading LRT Ahok Punya 3 Gerbong, Sekali Jalan Angkut 678 Orang. Please share...!

0 Komentar untuk "LRT Ahok Punya 3 Gerbong, Sekali Jalan Angkut 678 Orang"

Back To Top