-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Memburu Ratusan Kapal Pengangkut Harta yang Karam di Laut RI

Mulya Nurbilkis - detikNews Memburu Ratusan Kapal Pengangkut Harta yang Karam di Laut RIFoto: Agung Pambudhy

 Jakarta - Indonesia sejak dahulu menjadi wilayah perlintasan dan perdagangan. Tak heran kalau kawasan RI sejak dahulu banyak dilalui kapal-kapal besar pengangkut barang dagangan dan juga barang berharga.

“Letak Indonesia yang merupakan perlintasan antara benua Asia dan Australia telah membuat Indonesia dilayari dan dikunjungi berbagai bangsa sejak dahulu kala,” kata Arkeolog Maritim Ali Akbar, Selasa (14/7/2015).

Ali yang juga dosen di UI ini menyampaikan, dalam kesempatan buka puasa bersama akhir pekan lalu yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Dr. Sudirman Saad, serta Direktur Indonesia Maritime Institute (IMI) Dr. Y. Paonganan, terungkap ide untuk memetakan kapal-kapal karam di dasar laut Indonesia.
“Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam sehingga didatangi oleh banyak pedagang termasuk juga kaum penjajah sejak ratusan tahun lalu. Tidak semua pelayaran berlangsung sukses. Cukup banyak kapal yang karam di laut Indonesia karena berbagai sebab,” terang dia.

Ali melanjutkan, beberapa sumber menyebutkan lebih dari 400 kapal yang karam di Indonesia pada periode sekitar tahun 1500-1800. Kapal milik Portugis, Spanyol, Belanda, Cina, dan lainnya tersebut membawa berbagai barang muatan yang berharga. Jumlah tersebut semakin banyak jika ditambah dengan kapal karam periode sebelum dan sesudahnya.

“Jika peta persebaran kapal karam telah dihasilkan maka pemerintah dapat mengambil langkah selanjutnya, misalnya pengangkatan, pelestarian di laut, pariwisata, maupun pengamanan wilayah laut secara intensif agar tidak dicuri oleh para pemburu harta karun,” tegas dia.
(bil/dra)
-
Labels: Memburu Ratusan Kapal Pengangkut Harta, Yang Karam di Laut RI

Thanks for reading Memburu Ratusan Kapal Pengangkut Harta yang Karam di Laut RI. Please share...!

0 Komentar untuk "Memburu Ratusan Kapal Pengangkut Harta yang Karam di Laut RI"

Back To Top