-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Mengenang Jejak Masjid Tzisdarakis di Athena

Hanidah Zaki - Trans7 - detikNews Mengenang Jejak Masjid Tzisdarakis di AthenaFoto: Eko Hamdjah - Trans7

 Athena - Berkunjung ke Athena bagi seorang muslim seperti saya bukanlah perkara mudah. Banyak hal mendasar yang menjadi kebutuhan seorang muslim yang sangat sulit ditemui di kota ini. Contohnya masjid.

Ya, Athena memang dikenal sebagai satu-satunya kota anggota Uni Eropa yang tidak memiliki masjid. Maka perkara untuk melaksanakan salat lima waktu benar-benar harus dipikirkan dan disiapkan.

Athena memang tidak memiliki bangunan masjid resmi. Hingga saat ini pemerintah Yunani masih belum merealisasikan rencana pembangunan masjid bagi komunitas muslim yang bermukim di Kota Athena.

Masjid yang tersisa di Athena hanyalah Masjid Tzisdarakis. Dan jangan bayangkan Anda bisa melaksanakan salat di dalam bangunan ini, masjid ini kini telah beralih fungsi menjadi bangunan museum porselen negara Yunani. Di bagian dalam ruangan bangunan ini telah diisi oleh beragam koleksi porselen bersejarah milik negara Yunani.

(Eko Hamdjah - Trans7)


Yang masih sangat jelas terlihat bangunan ini pernah berfungsi sebagai masjid adalah adanya mihrab, yaitu tempat seorang imam berdiri untuk memimpin salat. Selain itu di bagian atas mihrab juga ada relief huruf Arab sebagai ciri khas bangunan zaman dinasti Usmaniyah.

(Eko Hamdjah - Trans7)


Sayangnya kemudian masa keemasan Islam menghilang. Dari sinilah setiap masjid yang ada di negara Yunani mulai dihancurkan. Hanya di bagian utara negara ini yang dikenal sebagai "Western Thrace" saja masjid diperbolehkan memiliki bangunan resmi, ada menara serta diizinkan mengumandangkan azan.

Bangunan masjid ini terletak di Monastiraki Square yang juga di kenal dengan nama masjid air mancur bawah. Karena pada masa itu memang ada air mancur yang berdiri dekat dengan masjid yang menjadi bagian pasar tradisional di Athena.

Tak hanya masjid yang menjadi hal sulit bagi muslim yang berada di Kota Athena. Mencari makanan halal juga bukan hal yang mudah. Tak ada daerah atau distrik khusus yang dapat dijadikan acuan sebagai tempat untuk mencari makanan halal.

(Eko Hamdjah - Trans7)


Beruntung tim Jazirah islam menemukan toko Halal Delicious yang menyediakan stok makanan serta daging halal bagi muslim Athena.

(Eko Hamdjah - Trans7)



(nwk/nwk)
Labels: Athena, Mengenang Jejak Masjid di Athena

Thanks for reading Mengenang Jejak Masjid Tzisdarakis di Athena. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenang Jejak Masjid Tzisdarakis di Athena"

Back To Top