-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Peristiwa Tolikara, Hendropriyono: Pancasila Baru Dipahami Sebagai Ideologi

Ahmad Toriq - detikNews Peristiwa Tolikara, Hendropriyono: Pancasila Baru Dipahami Sebagai IdeologiFoto: Bagus Prihantoro

 Jakarta - Peristiwa kasus penyerangan terhadap warga yang salat Idul Fitri di Karubaga, Tolikara, Papua mendapat perhatian sejumlah pihak. Salah satunya mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Makhmud Hendropriyono.

Dia berpendapat peristiwa Tolikara karena selama ini Pancasila hanya dipahami sebagai ideologi, bukan sebagai filsafat luhur bangsa.

"Peristiwa Tolikara merupakan akibat selama ini kita memahami Pancasila hanya sebagai ideologi, bukan sebagai filsafat luhur bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi toleransi hidup beermasyarakat," kata Hendro dalam pesan singkatnya, Rabu (22/7/2015).

Dia mengingatkan Pancasila sebagai dasar negara merupakan filsafat ikatan yang menyangkut segenap aspek kehidupan bangsa. Beda dengan ideologi yang kaitannya dengan politik karena bisa diyakinkan dengan indoktrinasi yang masuk secara eksternal.

"Pancasila sebagai filsafat ikatannya dengan segenap aspek kehidupan bangsa, yang diyakinkan oleh terinternalisasi nya kesadaran bermasyarakat," sebutnya.

"Bara isu SARA sejak 2002 kini menyala, karena rohnya yang merupakan peredam tidak ada dalam batang tubuh konstitusi kita," katanya.
(hty/ahy)
Labels: Hendropriyono, Hendropriyono: Pancasila Baru Dipahami Sebagai Ideologi, Pancasila, Peristiwa Tolikara

Thanks for reading Peristiwa Tolikara, Hendropriyono: Pancasila Baru Dipahami Sebagai Ideologi. Please share...!

0 Komentar untuk "Peristiwa Tolikara, Hendropriyono: Pancasila Baru Dipahami Sebagai Ideologi"

Back To Top