-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Sampel Diperluas, BPS Tunda Umumkan Angka Kemiskinan

Maikel Jefriando - detikfinance
Rabu, 01/07/2015 14:41 WIB
Sampel Diperluas, BPS Tunda Umumkan Angka Kemiskinan
Jakarta -Setiap Juni, Badan Pusat Statistik (BPS) selalu melaporkan angka kemiskinan periode Maret. Namun hal tersebut tidak terjadi di tahun ini.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, sekarang tengah dilakukan perubahan sampel data masyarakat miskin yang survei. Dari yang selama ini 75 ribu orang menjadi 300 ribu orang.

"Kami mengubah sampel menjadi lebih besar, dari 75 ribu menjadi 300 ribu," ungkap Suryamin, dalam jumpa pers di kantor pusat BPS, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

BPS juga akan masuk sampai ke level kabupaten/kota untuk memperbesar sampel. Sehingga diperlukan waktu lebih banyak untuk pengolahan datanya untuk kemudian diumumkan.

"Ini perlu waktu untuk mengolah data yang 4 kali lipat dari biasanya. Agak banting tulang untuk mengerjakan data tersebut," sebut Suryamin.
Perluasan sampel ini bertujuan untuk memperbesar cakupan data dari BPS. Pemerintah pun akan lebih mudah untuk menjadikan data tersebut indikator untuk membuat kebijakan.

"Untuk hasilnya sendiri kita belum tahu, kan belum ada hasilnya. Jadi pengaruhnya baru nanti kelihatan," ujarnya.
Laporan akan disampaikan melalui media massa pada Agustus 2015. Bersamaan dengan laporan pertumbuhan ekonomi kuartal II. "Kami akan sampaikan bulan depan soal angka kemiskinan," papar Suryamin.(mkl/dnl)
Labels: BPS Tunda Umumkan Angka Kemiskinan, Sampel Diperluas

Thanks for reading Sampel Diperluas, BPS Tunda Umumkan Angka Kemiskinan. Please share...!

0 Komentar untuk "Sampel Diperluas, BPS Tunda Umumkan Angka Kemiskinan"

Back To Top