-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Belajar Kerja, Kerja, Kerja, dan Ikhlas dari Mbah Sadiman Pahlawan Penghijauan

Muchus Budi R. - detikNews
Belajar Kerja, Kerja, Kerja, dan Ikhlas dari Mbah Sadiman Pahlawan Penghijauan Foto: Muchus Budi/detikcom
 

"Sekarang tekad saya itu sudah membuahkan hasil karena sumber air kembali mengalir seperti kita saya masih kecil dulu," jelas Sadiman sumringah yang ditemui detikcom di desanya, Kamis (27/8).

Sadiman tak berharap pamrih. Beroleh izin dari Perhutani, sudah puluhan ribu pohon dia tanam. Dan kerennya si mbah ini yang hidupnya sederhana ini, merogoh kocek dari kantongnya sendiri untuk penghijauan. Dia tidak meminta uang dari siapapun, pengusaha apalagi pejabat. Bagaimana caranya?

Dia mencari bibit yang tumbuh liar secara kebetulan seperti sebelumnya. Dia melakukan pembibitan di pekarangan rumahnya. Setelah cukup besar bibit tanaman itu dibawanya naik ke gunung untuk ditanam di lokasi-lokasi yang yang kosong. Sambil melakukan penanaman, dia juga melakukan perawatan dan memeriksa tanamam yang telah ditanam sebelumnya.

Di pekarangannya juga disemai ratusan bibit pohon jati dan pohon cengkeh, namun bukan untuk ditanam di hutan. Kepada warga desanya Sadiman menawarkan bibit tanaman produktif itu dengan cara barter. Silakan ambil satu bibit pohon jati atau cengkeh asal ditukar dengan satu bibit pohon beringin. Beringin hasil barter itulah yang nantinya akan ditanamnya di hutan lereng gunung.
"Saya tidak terbebani apapun setiap hari harus naik turun ke hutan untuk menanam dan merawat pohon-pohon itu. Toh sekalian jalan saja, karena tanpa itupun saya juga harus ke hutan untuk mencari rumput. Istri saya juga tidak mempersoalkannya, karena setiap pulang ke rumah saya juga menbawa pulang kayu bakar kering dari hutan untuk memasak. Jadi kalau pulang saya bawa rumput dan kayu bakar," papar Mbah Sadiman.

Kerja, kerja, dan kerja Sadiman berbuah hasil. Kini Mbah Sadiman tak seorang diri bisa menikmati air yang kembali mengalir dari Bukit Gendol, tetapi juga ratusan warga Dusun Dali, Desa Geneng, Bulukerto, Wonogiri.
Bila Mbah Sadiman sudah berbuat, bagaimana dengan kita semua?
(mbr/dra)
Labels: Belajar Kerja, dan Ikhlas dari Mbah Sadiman, Kerja, Pahlawan Penghijauan

Thanks for reading Belajar Kerja, Kerja, Kerja, dan Ikhlas dari Mbah Sadiman Pahlawan Penghijauan. Please share...!

0 Komentar untuk "Belajar Kerja, Kerja, Kerja, dan Ikhlas dari Mbah Sadiman Pahlawan Penghijauan"

Back To Top