-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Indonesia kepada The Fed: makin cepat makin baik


Indonesia kepada The Fed: makin cepat makin baik
Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
buat dunia, makin ditunda, maka gejolaknya makin lama
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kenaikan suku bunga The Fed (Bank Sentral AS) akan memberikan kepastian pada perekonomian global yang saat ini sedang lesu sehingga makin cepat langkah itu ditempuh maka akan baik untuk semua perekonomian.

"Silakan kalau sudah mau mengubah karena sebetulnya buat dunia, tidak hanya buat Indonesia, makin cepat akan makin baik dan makin jelas (situasinya)," kata Darmin di Jakarta, Rabu.

Darmin mengatakan para pelaku pasar pasti sudah menyiapkan antisipasi kenaikan suku bunga The Fed, apalagi isunya sudah muncul setahun terakhir.

"Ini semua sudah berjalan dan istilahnya dalam keuangan sudah di-price- in oleh para pelaku pasar," katanya, mengenai isu suku bunga The Fed yang telah menyebabkan gejolak berupa depresiasi mata uang terhadap dolar AS di berbagai negara.

Darmin menambahkan apabila The Fed sudah menaikkan suku bunga belum tentu perekonomian nasional akan kembali stabil dalam waktu cepat, namun situasinya akan menjadi lebih terkendali dan mudah diantisipasi.

"Kita tidak mengatakan langsung lebih baik, tapi buat dunia, makin ditunda, maka gejolaknya makin lama. Sesederhana itu persoalannya, karena kalau semakin lama, cost untuk mengelola (ketidakpastian) makin banyak," kata dia.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan salah satu risiko yang dihadapi perekonomian nasional hingga akhir 2015 adalah ketidakpastian mengenai kenaikan suku bunga The Fed yang telah melemahkan mata uang dan memicu aliran modal keluar.

"Banyak harapan 2016 akan lebih baik karena sudah ada kepastian kenaikan suku bunga The Fed dan Tiongkok mungkin sudah tidak melakukan devaluasi dalam skala lebih besar sehingga bisa mengurangi uncertainty," kata dia.

Komite Pasar Terbuka The Fed yang menjadi organ pengambil kebijakan pada bank sentral AS akan segera mengambil kebijakan terkait penyesuaian suku bunga yang telah ditunggu pelaku pasar global, Kamis waktu setempat pekan ini.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015
Labels: Indonesia kepada The Fed, Makin cepat makin baik

Thanks for reading Indonesia kepada The Fed: makin cepat makin baik. Please share...!

0 Komentar untuk "Indonesia kepada The Fed: makin cepat makin baik"

Back To Top