-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Bogor-Sukabumi 11 Jam Karena Macet Parah, Ada Tol Bocimi Cuma 1 Jam

Dana Aditiasari - detikfinance
//images.detik.com/content/2015/02/09/4/jalansukabumi.jpg
Kondisi Jalan Sukabumi yang Macet Parah
 
Jakarta -Keberadaan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) memiliki arti penting bagi warga Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Tol yang dimulai pembangunannya hari ini (9/2/2015) diharapkan mempersingkat waktu tempuh kedua kota yang saat ini terkendala macet parah.

Direktur Utama PT Tarans Jabar Tol Dharma Putra‎ mengatakan dengan total panjang 54 km, tol ini bisa menjadi alternatif masyarakat. Saat ini, dari 54 km hanya seksi I sudah mulai dikerjakan sepanjang 15 km dari Ciawi ke Cigombong.

"Jalan tol ini dirancang agar bisa dilalui kendaraan hingga 100 km per jam dengan rata-rata sekitar 70-80 km per jam," katanya saat berbincang santai dengan detikFinance usai menggelar peresmian pemancangan perdana atau ground breaking tol Bocimi di lokasi groundbreaking di pintu keluar tol Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/2/2015).

Saat ini, pengguna jalan harus menghabiskan waktu sekitar 11 jam untuk menempuh perjalan dari kawasan Tajur, Bogor atau tepat mulai dari pintu keluar tol Ciawi hingga ke Sukabumi.

Artinya, dengan keberadaan jalan tol sepanjang 54 km yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata 70-80 km perjam, maka perjalanan dari Ciawi-Sukabumi bisa dihemat hingga kurang dari 1 jam, namun butuh bersabar karena tol ini akan tuntas butuh waktu beberapa tahun ke depan.

"Itu sangat membantu, karena selama ini jalur utama Ciawi-Sukabumi selalu macet luar biasa, sepanjang tahun dan itu menghambat pergerakan orang dan barang‎," katanya.

Jalan tol Bocimi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Trans Jabar Toll ‎yang investor utamanya adalah MNC Group ini terdiri atas 4 seksi.

Seksi pertama adalah ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km yang hari ini mulai dikerjakan. Kemudian seksi II dengan ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, lalu seksi III yakni ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km dan seksi IV dengan ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,03 km.(dna/hen)
Labels: Bogor, Sukabumi

Thanks for reading Bogor-Sukabumi 11 Jam Karena Macet Parah, Ada Tol Bocimi Cuma 1 Jam. Please share...!

0 Komentar untuk "Bogor-Sukabumi 11 Jam Karena Macet Parah, Ada Tol Bocimi Cuma 1 Jam"

Back To Top