-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Juru Bicara Presiden Lebih Baik Berasal dari Orang Dekat

, CNN Indonesia
Juru Bicara Presiden Lebih Baik Berasal dari Orang Dekat Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin rapat kabinet terbatas bidang ekonomi di ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/12). (Antara Foto/Widodo S Jusuf)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi krisis dalam dunia penegakan hukum di Indonesia membuat pemerintah tak bisa tinggal diam. Presiden Joko Widodo dinilai membutuhkan seorang juru bicara untuk menghadapi situasi yang berkembang terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Salah satu kriteria juru bicara yang cocok, menurut pakar, adalah orang yang berasal dari lingkungan dekat Presiden.

"Juru bicara harus bisa membangun chemistry dengan Presiden. Lebih baik dari orang dekat karena juru bicara harus dipercaya dan mengetahui kegiatan presiden sehari-hari," kata pakar komunikasi politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk kepada CNN Indonesia kemarin.

Menurut Hamdi, seorang juru bicara kepresidenan harus menguasai cara berbicara di depan umum dan aspek kenegaraan serta politik. Seorang juru bicara harus dapat diterima masyarakat dan mempunyai kredibilitas terpercaya.

Dia mencontohkan Julian Aldrian Pasha sebagai orang yang cukup berhasil menjadi juru bicara kepresidenan di era mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Dia cukup bagus, pembawaannya tenang dan taktis," ujar Hamdi.

Namun, ketika ditanyai sosok ideal untuk mendampingi Presiden Jokowi, dia mengaku belum bisa menentukan. Yang penting kriteria yang dia sebutkan dapat dipenuhi.

Dia berpendapat, posisi juru bicara kepresidenan krusial dalam pemerintahan, terutama dalam situasi genting seperti sekarang ini. Dia menilai Presiden masih mempunyai kekurangan dalam menyampaikan pendapat kepada publik.

"Pak Jokowi kalau bicara apa adanya dan tidak berusaha memoles penampilan. Sebenarnya tidak apa-apa, tapi Presiden perlu kantor komunikasi politik agar informasi jadi satu pintu," ujarnya.

Hamdi menjelaskan, setiap informasi yang disampaikan kepada publik harus dirancang sepenuhnya oleh tim komunikasi tersebut. Hal itu untuk mencegah terjadi blunder atau mengantisipasi pernyataan yang mungkin menuai kontroversi.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebelumnya mengusulkan Presiden memilih seorang juru bicara untuk menangani sejumlah permasalahan strategis seperti kemelut antara KPK dan Polri.

Lihat juga :  DPR Usulkan Jokowi Pilih Jubir Tangani Kisruh

 (rdk)
Labels: Pakar Komunikasi Politik

Thanks for reading Juru Bicara Presiden Lebih Baik Berasal dari Orang Dekat. Please share...!

0 Komentar untuk "Juru Bicara Presiden Lebih Baik Berasal dari Orang Dekat"

Back To Top