-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kopilot dan Megawati Teridentifikasi, DVI Sisakan 26 Jenazah untuk Didalami

Rois Jajeli - detikNews

Kopilot dan Megawati Teridentifikasi, DVI Sisakan 26 Jenazah untuk Didalami  
(Foto: Rois Jajeli/detikcom) 
 
Surabaya - Tim Disaster Victim Identification (DVI) pada hari ke 45 ini kembali berhasil mengidentifikasi jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501. 2 jenazah yang teridentifikasi yakni kopilot Remi Plesel dan penumpang Megawati.

"Alhamdulillah, hari ini tim berhasil mengidentifikasi 2 jenazah," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono saat jumpa pers bersama Kabid Dokkes Kombes Pol Budiyono, ahli forensik Universitas Airlangga Prof Sukri, Departemen Safety AirAsia Dono B Sukoco di Crisis Center AirAsia QZ8501 di mapolda, Jalan A Yani, Surabaya, Selasa (10/2/2015).

Kedua jenazah yang ditemukan belakangan ini lebih cepat diidentifikasi, karena kondisinya masih lebih baik dan lengkap dengan kepalanya. Tim DVI pun menggunakan metode primer dengan pemeriksaan gigi pada post mortem dan dicocokan dengan data ante mortem.

"Jenazah B097 teridentifikasi berdasarkan metode primer yaitu pemeriksaan gigi. Dimana hasil rontgen gigi jenazah dicocokkan dengan data ante mortem dental record korban semasa hidup yang diperoleh dari dokter gigi yang pernah merawatnya, ternyata ada kecocokkan," kata Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiyono.

Selain itu, juga menggunakan metode sekunder berupa temuan medis antropologi ada kesamaan jenis kelamin, usia, tinggi badan dan diperkuat dengan temuan properti baju yang terpakai uniform yang menunjukkan sebagai kopilot AirAsia.

"Sehingga dengan demikian, jenazah B097 dipastikan teridentifikasi dengan tidak terbantahkan sebagai Remi Plesel, laki-laki 46 tahun warga negara Prancis," jelasnya.

Sedangkan jenazah kedua yang teridentifikasi atas nama Megawati, 42 tahun warga Surabaya. Jenazah label B098 ini juga teridentifikasi dengan menggunakan metode primer berdasarkan pemeriksaan gigi juga terjadi kecocokkan antara rontgen gigi jenazah dengan dental record korban semasa hidup.

 "Meski kedua korban datang belakangan, alhamdulillah kondisinya masih lengkap sehingga kondisi gigi masih bisa dievaluasi," tuturnya.

Serta diperkuat dengan temuan sekunder medis antropologi terdapat kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badan. Serta properti yang masih melekat pada korban yaitu celana pendek motif bunga sesuai dengan analisa yang didapat pada CCTV.

"Jenazah label B098 juga tidak terbantahkan teridentifikasi sebagai Megawati sesuai manifes, perempuan 42 tahun warga Surabaya," tandasnya.

Sampai sore ini Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim menerima jenazah dan bodypack sebanyak 102. Dari jumlah tersebut, yang sudah teridentifikasi sebanyak 76 (termasuk 1 non human). Sedangkan 26 yang belum teridentifikasi masih terus dilakukan pendalaman.

(roi/try)
Labels: Tim DVI

Thanks for reading Kopilot dan Megawati Teridentifikasi, DVI Sisakan 26 Jenazah untuk Didalami . Please share...!

0 Komentar untuk "Kopilot dan Megawati Teridentifikasi, DVI Sisakan 26 Jenazah untuk Didalami "

Back To Top