-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Menko Indroyono Gandeng Belanda untuk Kerjasama Maritim

Prins David Saut - detikNews

Menko Indroyono Gandeng Belanda untuk Kerjasama Maritim 
 Istimewa 
 
Jakarta - Setelah berkonsultasi ke pemerintahnya di Den Haag, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol kembali ke Jakarta dan mengadakan pertemuan dengan Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo. Pertemuan itu membahas kerjasama maritim RI-Belanda.

Dari surat elektronik yang diterima detikcom, Senin (16/2/2015), pertemuan Menko Indroyono dengan Dubes Swartbol dilakukan di Jakarta, pada 13 Februari lalu, Dubes Swartbol menginformasikan tentang berdirinyanya perpustakaan Asia di Universitas Leiden, yang menghimpun koleksi buku-buku dan dokumen-dokumen tentang Indonesia, yang terbesar di dunia. Termasuk koleksi sejarah, seni dan budaya bahari Nusantara.

Literatur itu sebagai awal kegiatan riset tentang sejarah dan peradaban bahari Nusantara guna mewujudkan Indonesia sebaga Poros Maritim Dunia akan menjadi pembuka kerjasama kemaritiman RI-Belanda ini. Disamping itu, Menko Indroyono dan Dubes Swartbol sepakat untuk menjajaki beragam kerjasama bidang kemaritiman, seperti penerapan teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi guna memantau seluruh kegiatan pembangunan kemaritiman di tanah air.

Disamping itu, dijajaki pula kerjasama untuk pengembangan tujuan wisata Pulau Lombok, serta meningkatkan frekuensi kedatangan kapal-kapal wisata Holland American Lines ke Indonesia. Dalam pertemuan disepakati kelanjutan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia, tidak hanya melalui pendidikan tinggi, namun juga melalui pendidikan vokasi di bidang kemaritiman sehingga para lulusannya bisa memperoleh sertifikat Internasional, antara lain dari International Maritime Organization (IMO).

Indonesia dan Belanda juga sepakat untuk tampil bersama di World Expo Milan 2015 di Milan, Italia guna menampilkan produk-produk yang berkaitan dengan pangan dan energi. Mengingat Indonesia dan Belanda telah menandatangani kerjasama kemitraan strategis, maka pada akhir Maret 2015 akan digelar sebuah lokakarya di Jakarta guna membahas implementasi kerjasama kemaritiman antara Indonesia dan Belanda ini.

Belanda dan Indonesia memiliki sejarah panjang di bidang kemaritiman, khususnya dengan TNI AL. Kapal kapal perang TNI AL jenis Frigate kelas Ahmad Yani serta jenis korvet kelas Fatahillah, adalah buatan Belanda. Saat ini PT PAL Surabaya tengah membangun kapal perang TNI AL jenis perusak kawal berpeluru kendali kelas SIGMA, bekerjasama dengan DAMEN Shipyard, Belanda.

Di bidang pengembangan kapasitas, banyak tokoh-tokoh Indonesia yang dididik di lembaga pendidikan kemaritiman Belanda, Den Helder, antara lain pahlawan nasional Yos Soedarso tahun 1953. Sedangkan kerjasama riset bidang kelautan antara Indonesia dengan Institut Riset Kelautan Belanda– NIOZ segera dihidupkan kembali.

(vid/aws)
Labels: Menko Kemaritiman

Thanks for reading Menko Indroyono Gandeng Belanda untuk Kerjasama Maritim . Please share...!

0 Komentar untuk "Menko Indroyono Gandeng Belanda untuk Kerjasama Maritim "

Back To Top