-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Tahun Ini 3 Proyek Tol Rp 19 Triliun Siap Dilelang

Dana Aditiasari - detikfinance
Tahun Ini 3 Proyek Tol Rp 19 Triliun Siap Dilelang
Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melelang 3 pengusahaan proyek tol baru di 2015.‎ Total investasi untuk ketiga tol tersebut mencapai Rp 19,38 triliun.

"Tender yang sedang dilakukan adalah Soroja (Soreang-Pasir Koja di Bandung). Ke depan, sedang program ada Balikpapan-Samarinda (Kalimantan Timur) dan Pandaan-Malang (Jawa Timur)," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) PUPR Achmad Gani Ghazali di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Gani menjelaskan untuk ruas Soreang-Pasir Koja, investasi yang diperlukan diperkirakan mencapai Rp 1,9 triliun. Proyek Tol Balikpapan-Samarinda sebesar Rp 14,5 triliun, dan Pandaan-Malang Rp 2,98 triliun.

Adapun tahapan yang sedang dilakukan, berbeda untuk masing-masing ruas. Dari ketiga ruas tersebut, yang paling siap adalah tol Soreang- Pasir Koja, Bandung, Jawa Barat.

"Soroja sudah penetapan prakualifikasi. Balikpapan-Samarinda dan Pandaan-Malang tunggu progres lahan sudah 75%. Saat ini baru 25%," pungkasnya.

Gani menyebutkan sudah ada 3 perusahaan atau gabungan perusahaan alias konsorsium yang akan mengikuti proses lelang pengusahaan ruas Jalan Tol Soreang-Pasir Koja. Tiga perusahaan tersebut diperoleh dari hasil prakualifikasi yang dilakukan sebelumnya.

Sudah ada 22 perusahaan yang mengambil dokumen ada 10 yang mengembalikan dokumen, lalu tersisa lima dan hanya ada tiga perusahaan/konsorsium yang lolos proses pra kualifikasi.

Ketiga perusahaan atau konsorsium yang bisa mengikuti proses selanjutnya yaitu, Konsorsium PT Cipta Marga Nusaphala Persadha (Tbk), PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Jasa Sarana, Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk; dan terakhir adalah PT Bangun Tjipta Sarana.(dna/hen)
Labels: PUPR

Thanks for reading Tahun Ini 3 Proyek Tol Rp 19 Triliun Siap Dilelang. Please share...!

0 Komentar untuk "Tahun Ini 3 Proyek Tol Rp 19 Triliun Siap Dilelang"

Back To Top