-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Tragedi AirAsia, 1 WN Inggris dan 2 Warga Surabaya Teridentifikasi

Rois Jajeli - detikNews
Tragedi AirAsia, 1 WN Inggris dan 2 Warga Surabaya Teridentifikasi  
(Foto: Rois Jajeli/detikcom) 
 
Surabaya - Tim Disaster Victim Identification (DVI) hari ini berhasil mengidentifikasi 3 jenazah korban AirAsia QZ8501. Ketiganya yakni 1 dari warga negara Inggris dan 2 lainnya dari Kota Surabaya.

"Alhamdulillah hari ini tim rekonsiliasi berhasil mengidentifikasi 3 jenazah," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono saat jumpa pers bersama Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Budiyono dan perwakilan manajemen AirAsia di Media Center Crisis AirAsia di gedung Mahameru, Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (11/2/2015).

Jenazah yang terididentifikasi berlabel B096. Berdasarkan metode primer pemeriksaan gigi dari post mortem dan ante mortem korban semasa hidup yang didata dari dental record dari dokter yang pernawah merawatnya terdapat kecocokan.

Data sekunder berupa medis antropologi terdapat kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badan, serta diperkuat dengan temuan properti berupa ID card yang melekat di tubuh jenazah serta identitas lainnya seperti kartu kredit atas nama korban.

"Tim rekonsiliasi tadi siang memutuskan jenazah dengan label B096 tak terbantahkan sebagai Chi Man Choi, laki-laki 48 tahun warga negara Inggris," ujar Kombes Pol Budiyono.

Jenazah dengan label B100 dengan metode primer pemeriksaan gigi juga terdapat kesamaan antara data dari post mortem dengan foto panoramik korban semasa hidup. Diperkuat dengan temuan medis antropologi terdapat kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badan. Serta temuan properti berupa kalung emas dengan gantungan salib yang sama digambarkan oleh keterangan keluarga. Juga baju lengan pendek warna putih motif bunga sama dengan analisa CCTV.

"Tim memastikan jenazah dengan label B100 tidak terbantahkan teridentifikasi sebagai Anna Widyawati, perempuan 37 tahun asal Surabaya," terang Ketua DVI Polda Jatim ini.

 Jenazah terakhir teridentifikasi hari ini yakni label B101. Dari metode primer pemeriksaan gigi ada kesamaan dental record dari dokter gigi dengan dental record post mortem pada jenazah.

Temuan medis antropologi juga terdapat kesamaan jenis kelamin, usia dan tinggi badan. Serta temuan properti berupa gelang emas putih pada kaki kanan sesuai dengan informasi yang disampaikan keluarga. Juga properti lainnya berupa baju dan jaket sesuai dengan analisa CCTV.

"Tim rekonsiliasi memastikan jenazah dengan label B101 maka tidak terbantahkan teridentifikasi sebagai Natalina Wuntarjo, perempuan 33 tahun asal Surabaya," tandasnya.

Sampai hari ini, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim menerima 102 body dan bodypack dari Pangkalan Bun dan Sulawesi. Dari jumlah tersebut, yang sudah teridentifikasi sebanyak 79 terdiri dari 35 perempuan, 43 laki-laki dan 1 non human.

"Ada 23 body dan body pack di cold storage dan terus kami lakukan pendalaman," jelas Budiyono.

(roi/try)
Labels: Air Asia

Thanks for reading Tragedi AirAsia, 1 WN Inggris dan 2 Warga Surabaya Teridentifikasi . Please share...!

0 Komentar untuk "Tragedi AirAsia, 1 WN Inggris dan 2 Warga Surabaya Teridentifikasi "

Back To Top