-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Besok, Jokowi Mulai Program Pembangunan 1 Juta Rumah

Dana Aditiasari - detikfinance
Besok, Jokowi Mulai Program Pembangunan 1 Juta Rumah
Jakarta -Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan groundbreaking program pembangunan dua tower Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk pekerja/buruh pada 29 April 2015 di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Pencanangan ini merupakan dalam rangkaian hari Buruh Nasional. Ini merupakan bagian dari program pembangunan 1 Rumah untuk Rakyat yang dimotori Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pelaksanaan kegiatan groundbreaking maju satu hari dari rencana awal 30 April 2015.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Basuki Hadimoeljono mengatakan, pada tahap pertama ini dibangun 103.135 rumah dari total 331.693 rumah yang akan menggunakan anggaran pemerintah.

Adapun lokasi pembangunan tersebar di 9 daerah, yakni Nias Utara (Sumatera Utara), Kota Pelembang (Sumatera Selatan), Jakarta Barat (DKI Jakarta), Tangerang (Banten), Cirebon (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Malang (Jawa Timur), Kota Waringin Timur (Kalimantan Tengah) dan Bantaeng (Sulawesi Selatan).

"Jenis rumah yang dibangun ada rumah tapak, rusunami dan rusunawa. Dengan peruntukan untuk PNS, umum dan buruh," kata Basuki di kantornya, Selasa (28/4/2015).
Dalam upaya memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan baru supaya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa mudah mendapatkan rumah.

MBR merupakan konsumen berpenghasilan kurang dari Rp 4 juta (untuk membeli rumah tapak) dan kurang dari Rp 7 juta (untuk membeli Rusun). Adapun harga rumah untuk MBR adalah antara Rp 115 juta/unit, hingga Rp 165 juta/unit untuk rumah tapak.

Dalam rangka Program Sejuta Rumah, potensi pembiayaan mencapai Rp 67,8 triliun. Potensi ini berasal dari BPJS ketenagakerjaan, Bapertarum-PNS, PT Taspen, Perum Perumnas, FLPP dan APBN KemenPU-PR.

"Sebagai tahap awal, di Semarang dilakukan groundbreaking pembangunan tower untuk buruh di dekat kawasan industri yang strategis, " kata Basuki.(dna/hen)
Labels: Besok, Jokowi Mulai Program Pembangunan 1 Juta Rumah

Thanks for reading Besok, Jokowi Mulai Program Pembangunan 1 Juta Rumah. Please share...!

0 Komentar untuk "Besok, Jokowi Mulai Program Pembangunan 1 Juta Rumah"

Back To Top