-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kota Terbesar di Maryland AS Rusuh Terkait Tahanan Kulit Hitam yang Tewas

Danu Damarjati - detikNews

Kota Terbesar di Maryland AS Rusuh Terkait Tahanan Kulit Hitam yang Tewas  
Foto: Brendan Smialowski/AFP 
 
Baltimore - Terjadi kerusuhan di kota terbesar di negara bagian Maryland, Amerika Serikat, yakni Baltimore. Kerusuhan ini terjadi usai pemakaman salah seorang tahanan kulit hitam yang tewas di penjara.

Sebagaimana dilansir AFP, Selasa (28/4/2015), kerusuhan terjadi pada Senin (27/4) waktu setempat. Massa yang selesai menyambut pemakaman tahanan yang terbunuh itu berubah beringas.

Tahanan yang dimaksud adalah Freddie Gray (25). Aksi rusuh yang diwarnai kekerasan ini terjadi setelah pemakaman Gray dan meluncurnya pesan dalam media sosial yang mengumumkan 'pembersihan' setelah jam pulang sekolah. Istilah 'pembersihan' atau dalam bahasa Inggris setempat disebut 'purge' adalah kata slang yang bermakna aksi acak dari pelanggaran hukum.

Polisi setempat menyatakan tujuh personelnya terluka. Ini karena para pemuda setempat menghempaskan batu-batu bata dan botol. Mereka menghancurkan satu kendaraan polisi di dekat Mall, tak jauh dari New Shiloh Baptist Church tempat prosesi pemakaman Gray.

"Ada tujuh petugas yang terluka. Mereka mengalami patah tulang, satu di antaranya tak bereaksi," kata polisi Baltimore, Kapten Eric Kowalczyk.

Kontan saja, polisi menyemprotkan gas air mata untuk meredam aksi massa yang kian brutal. Satu orang ditangkap polisi. Akibat kerusuhan ini, kampus University of Maryland dan sejumlah kantor bisnis diminta tutup lebih awal.

Gray meninggal pada 19 April yang lampau karena menderita cidera tulang belakang parah. Kematian Gray terjadi sepekan setelah penangkapannya di Baltimore, kota di utara Wahington itu.

Kematian Gray menyulut aksi demonstrasi sepanjang akhir pekan ini. Polisi menyatakan 34 orang sudah ditangkap.

Kematian Gray adalah satu dari rangkaian konfrontasi antara kelompok Afro-Amerika dengan pihak polisi, termasuk tembakan fatal terhadap remaja di Ferguson bernama Michael Brown pada waktu yang telah lampau.

(dnu/bar)
Labels: AS, Maryland Rusuh

Thanks for reading Kota Terbesar di Maryland AS Rusuh Terkait Tahanan Kulit Hitam yang Tewas . Please share...!

0 Komentar untuk "Kota Terbesar di Maryland AS Rusuh Terkait Tahanan Kulit Hitam yang Tewas "

Back To Top