-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Perkuat Pengelolaan Anggaran Pertahanan, BPK Gandeng TNI Hingga BIN

Taufan Noor Ismailian - detikfinance
Perkuat Pengelolaan Anggaran Pertahanan, BPK Gandeng TNI Hingga BIN
Jakarta -Pengelolaan keuangan di lingkungan Kementerian Pertahanan, TNI, BIN, Lemsaneg dari waktu ke waktu telah menunjukkan perbaikan yang signifikan. Hal itu diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan.

Untuk memperkuat komitmen peningkatan akuntabilitas dan kinerja pengelolaan keuangan negara, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama Kemhan, BIN, TNI, Lemsaneg mengadakan kegiatan Forum Akuntabilitas Nasional Bidang Pertahanan.

Anggota I BPK Agung Firman Sampurna mengatakan, kegiatan tersebut untuk membentuk komunikasi terkait pengelolaan keuangan di lingkungan pertahanan negara. Meski memperoleh opini WTP dalam pengelolaan keuangan, namun masih dijumpai kelemahan dalam pengelolaan anggaran keuangan.

"Masih dijumpai kelemahan dalam pengelolaan anggaran keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) yang masih belum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang menunjukkan belum efektifnya desain dan implementasi sistem pengendalian intern. Ini yang coba kita komunikasikan," ujar Agung di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (28/4/2015).

Adapun, sasaran kegiatan ini yakni untuk meningkatkan transparansi pelaksanaan anggaran dan akuntabilitas dalam pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan, perbaikan proses bisnis dan tata kelola entitas dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efisien.

Sementara itu, Sekjen Kemenhan Letjen TNI Ediwan Prabowo menjelaskan saat ini pemerintah tengah melakukan modernisasi alutsista. Modernisasi tersebut salah satunya terkait pengelolaan keuangan.

"Memang perubahan sistuasi ekonomi global tak bisa kita prediksi. Karena itu pengelolaan keuangan yang tepat terutama dalam pembelian alutsista menjadi salah satu langkah yang perlu diantisipasi," ujar Ediwan.
Namun, Ediwan menilai hal tersebut bukanlah menjadi salah satu kendala. Kantaran Bappenas maupun Kementerian Keuangan telah memprediksi terkait anggaran untuk pengadaan alutsista.

"Hal ini tentu saja sudah diprediksi, di mana Bapennas dan Menteri Keuangan sudah mengantisipasi kebutuhan budget tersebut. Kalaupun memang keadaan kurs mempengaruhi, tentu ini juga mempengaruhi sektor lain dan dua lembaga itu sudah pasti melakukan perhitungan dan pertimbangan," tandas dia.(tfn/dnl)
Labels: BIN, BPK, BPK:Gandeng TNI Hingga BIN, Perkuat Pengelolaan Anggaran Pertahanan, TNI

Thanks for reading Perkuat Pengelolaan Anggaran Pertahanan, BPK Gandeng TNI Hingga BIN. Please share...!

0 Komentar untuk "Perkuat Pengelolaan Anggaran Pertahanan, BPK Gandeng TNI Hingga BIN"

Back To Top