-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Prihatin! 8 Juta Orang Terkena Dampak Gempa 7,9 SR di Nepal

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Prihatin! 8 Juta Orang Terkena Dampak Gempa 7,9 SR di Nepal  
Reuters 
 
Kathmandu - PBB mencatat sekitar 8 juta orang terkena dampak cukup besar akibat gempa bumi 7,9 Skala Richter (SR) yang melanda Nepal. PBB juga menyerukan dibutuhkannya bantuan kemanusiaan segera untuk korban gempa, mulai dari terpal dan air bersih hingga sabun dan obat-obatan.

"Menurut penghitungan awal dan didasarkan pada pemetaan gempa, sekitar 8 juta orang di sebanyak 39 distrik terkena dampak, dan lebih dari 3 juta orang hidup di 11 distrik yang terdampakpaling parah," demikian pernyataan UN Office of the Resident Coordinator, seperti dilansir Reuters, Selasa (28/4/2015).

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Nepal dan sekitarnya pada Sabtu (25/4) memicu kehancuran besar, terutama di wilayah ibukota Kathmandu. Rumah warga yang didominasi lumpur dan batu bata luluh lantak akibat getaran gempa yang dirasakan sangat kuat.

UN Children's Fund (UNICEF) menyebut suplai makanan dan air bersih bagi para pengungsi semakin berkurang. Di Kathmandu Vallery, kehidupan warga terhenti menghilang selama 2 hari setelah gempa. Hanya sejumlah toko kelontong yang buka, namun gedung-gedung besar termasuk pusat perbelanjaan masih tutup.

Banyak mobil dan truk yang mengantre untuk mengisi bahan bakar. Bank-bank setempat masuk tutup, ATM masih berfungsi namun tidak ada aktivitas pengisian uang oleh pihak bank setempat.

Memasuki malam ketiga, para pengungsi masih tinggal di dalam tenda-tenda dan juga di area terbuka lainnya. Sekitar 21 kamp pengungsian didirikan di area terbuka di sekitar Kathmandu.

Sementara itu, World Food Programme mengirimkan bantuan makanan dan logistik dengan truk. UNICEF sendiri mengirimkan bantuan berupa tenda dan suplai medis, sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyalurkan bantuan suplai medis untuk 40 orang.

 Bantuan kemanusiaan internasional dari berbagai negara sudah mulai dikirimkan, namun tidak semua bisa mencapai lokasi bencana dengan segera. Beberapa pekerja medis menuturkan, bantuan yang sudah tiba di Kathmandu kesulitan untuk disalurkan langsung ke lokasi bencana, karena minimnya personel serta transportasi untuk membawa bantuan-bantuan itu.

Beberapa lembaga kemanusiaan memutuskan untuk mengirimkan bantuan via darat dari wilayah India. Namun dengan komunikasi yang terbatas dan kondisi jalanan yang rusak atau terblokir akibat tanah longsor, penyaluran bantuan lagi-lagi mengalami hambatan, terlebih untuk menjangkau wilayah terpencil yang sangat membutuhkan bantuan.

Sejauh ini, total jumlah korban tewas akibat gempa di Nepal menembus angka 4.100 orang dan korban luka mencapai 7.500 orang. Otoritas setempat memperkirakan, jumlah korban tewas akan terus bertambah hingga 5 ribu orang.

(nvc/ita)
Labels: Gempa Nepal, Nepal Berduka Akibat Gempa

Thanks for reading Prihatin! 8 Juta Orang Terkena Dampak Gempa 7,9 SR di Nepal . Please share...!

0 Komentar untuk "Prihatin! 8 Juta Orang Terkena Dampak Gempa 7,9 SR di Nepal "

Back To Top