-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

WWF Indonesia Dukung Praktik Petani Swadaya

Ray Jordan - detikNews

WWF Indonesia Dukung Praktik Petani Swadaya
Jakarta - World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia mendukung praktik petani swadaya. Salah satunya dengan memfasilitasi petani mendapat sertifikat Rountable of Sustainable Palm Oil (RSPO) yang dikeluarkan pada 29 Juli 2013 lalu.

Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia Nyoman Iswarayoga dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (29/4/2015), menjelaskan diprediksi perkebunan skala kecil dan kolonisasi adalah tekanan utama terjadinya kehilangan atau degradasi hutan pada kurun waktu 2010–2030 di Sumatera, yang diidentifikasi sebagai salah satu 'deforestation fronts'.

Penjelasan Iswarayoga untuk menanggapi berita detikcom berjudul "WWF Sebut Ancaman Kerusakan Hutan Terbesar di Sumatera Datang dari Masyarakat".

"Skenario tersebut didasarkan pada kondisi 'business as usual', yang diartikan tidak ada intervensi kebijakan dari pemerintah dan transformasi ke arah keberlanjutan oleh berbagai pihak, dengan memperhatikan pemetaan hutan yang tersisa," katanya.
Iswarayoga juga menjelaskan, skenario tersebut dimaksudkan sebagai peringatan dini bahwa ancaman deforestasi ke depan untuk Sumatera kemungkinan berasal dari petani swadaya. Hal ini, lanjutnya, bukan untuk menyudutkan praktik petani swadaya.

"Mengenali potensi ancaman tersebut, maka dibutuhkan strategi untuk mengatasi potensi risiko deforestasi ini melalui intervensi-intervensi strategis. Di antaranya, identifikasi dan pemetaan aktor perkebunan skala kecil yang independen. Selain itu yang tak kalah penting adalah identifikasi faktor-faktor yang mendorong para petani swadaya ini melakukan usaha perkebunan. Apakah pembukaan dalam skala besar dari petani-petani tersebut terorganisasi?" kata Iswarayoga.
Faktanya, lanjut Iswarayoga, WWF Indonesia mendukung agar praktik petani swadaya juga menerapkan praktik berkelanjutan. "Salah satunya dengan memfasilitasi kelompok petani swadaya di Riau hingga berhasil mendapatkan Sertifikasi RSPO," katanya. Berdasarkan pengalaman tersebut, WWF Indonesia juga terus berupaya memperkuat kapasitas petani swadaya baik di Riau dan juga Kalimantan Barat," kata Iswarayoga.

(jor/nrl)
Labels: Dukung Praktik Petani Swadaya, WWF-Indonesia

Thanks for reading WWF Indonesia Dukung Praktik Petani Swadaya . Please share...!

0 Komentar untuk "WWF Indonesia Dukung Praktik Petani Swadaya "

Back To Top