-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

WWF Sebut 170 Juta Hektar Hutan Akan Hilang Hingga Tahun 2030

Nur Khafifah - detikNews

WWF Sebut 170 Juta Hektar Hutan Akan Hilang Hingga Tahun 2030
Jakarta - World Wildlife Fund (WWF) mengindentifikasi ada 11 wilayah di dunia yang berkontribusi terhadap lebih dari 80% kehilangan hutan secara global hingga tahun 2030. 10 Dari 11 wilayah tersebut merupakan kawasan tropis.

Direktur Program Hutan Internasional, Rodney Tailor memaparkan, lebih dari 170 juta hektar hutan dapat hilang dalam kurun waktu antara tahun 2010-2030. Jika tren kehilangan hutan tidak berubah, wilayah yang disebut sebagai deforestation fronts akan terus terberangus.

Deforestation fronts yang disebut dalam laporan WWF Living Forest Report adalah Amazon, Atlantic Forest dan Gran Chaco, Borneo, Cerrado, Choco-Darien, Congi Basin, Afrika Timur, Bagian Timur Australia, Greater Mekong, New Guinea dan Sumatera.

"Bisa dibayangkan, hutan yang membentang sepanjang Jerman, Perancis, Spanyol dan Portugal akan musnah dalam kurun waktu 20 tahun," kata Rodney di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (28/4/2015).

Hutan-hutan yang disebutnya sebagai deforestation fronts ini memiliki berbagai keanekaragaman hayati di dunia yang bahkan hampir punah, seperti orang utan dan harimau. Hutan-hutan itu juga merupakan rumah bagi masyarakat adat setempat.

Rodney menjelaskan, laporan tersebut didasari pada laporan WWF sebelumnya yang menunjukkan bahwa lebih dari 230 juta hektar hutan akan hilang pada tahun 2050 jika tidak ada aksi nyata.

Selain itu, kata dia, laju hilangnya hutan harus dihentikan hingga mendekati nol pada tahun 2020 untuk menghindari dampak perubahan iklim dan kerugian ekonomi yang akan ditimbulkan.

(kff/fdn)
Labels: 170 Juta Ha Hutan Akan Hilang, WWF

Thanks for reading WWF Sebut 170 Juta Hektar Hutan Akan Hilang Hingga Tahun 2030 . Please share...!

0 Komentar untuk "WWF Sebut 170 Juta Hektar Hutan Akan Hilang Hingga Tahun 2030 "

Back To Top