-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

49 Jemaah Umroh dari Indonesia Tertahan di Jeddah karena Travel Belum Lunasi Hotel

Taufan Noor Ismailian - detikNews


Jakarta - Puluhan jemaah umroh tidak bisa pulang ke Indonesia karena tertahan di Jeddah, Arab Saudi. Jemaah umroh tak bisa pulang karena paspor mereka 'ditahan' seseorang yang ditunjuk pihak travel berinisial J lantaran belum melunasi pembayaran akomodasi hotel.

Informasi ini disampaikan salah seorang jemaah umroh yang menggunakan travel J, Anzar Rasyid (34). Saat ini dia bersama puluhan jemaah di Jeddah masih menunggu kepastian untuk dipulangkan ke Indonesia.

Berdasarkan paket umroh, seharusnya jamaah hanya berada di Jeddah selama 9 hari. Namun, hingga hari ke- 15 hari mereka belum juga kembali ke Tanah Air.

"Sampai saat ini ada 49 jemaah dari travel J stres menunggu kepastian dipulangkan ke Indonesia. Ada beberapa jemaah yang sepuh sudah sakit-sakitan," ujar Anzar kepada detikcom, Rabu (20/5/2015) dini hari.

Anzar menjelaskan paspor para jemaah sampai saat ini masih dipegang oleh Ali pihak yang ditunjuk travel untuk mengurus jemaah saat umroh. Paspor ditahan karena diduga pihak travel belum melunasi seluruh pembayaran akomodasi para jamaah.

"Alasan ditahannya (paspor) ini karena masalah utang piutang yang tidak terselesaikan antara Ali dengan pihak travel. Pihak travel terus mengirimkan jemaah untuk umroh, sementara biaya akomodasi tidak dikirimkan akibatnya utang hotel, katering dan lain-lain membengkak," ungkapnya.
"Untuk melunasi utang ini, jemaah disandera di hotel di Jeddah," sambungnya.

Kejadian ini kemudian dilaporkan pihak travel kepada KJRI yang ada di Jeddah. "Ternyata ada temuan baru J ini menyelenggarakan umroh ilegal. Karena dia tidak terdaftar di Kementerian Agama. Untuk mendapatkan visa dia bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain yang telah mengantongi izin," terang Anzar.

Anzar kecewa dengan pelayanan travel yang melepas tanggungjawab terhadap nasib para jemaah. Sebab tidak ada satupun pendamping yang ditunjuk pihak travel untuk mendampingi jemaah.

"Beberapa kali pihak travel berjanji mentransfer dana tapi tidak pernah terealisasi," terang Anzar.
Hingga berita ditulis, pihak travel tidak bisa dikonfirmasi karena telepon seluler perwakilan travel tidak aktif. Sementara itu Petugas Bagian Pelayanan Umroh Kantor Teknis Haji KJRI Jeddah, Badrus Sholeh membenarkan adanya laporan dari jemaah yang tertahan di Jeddah.

"Kami sudah menindaklanjuti dengan menghubungi pihak travel dan Ali. Kami juga sudah melaporkan ke Kasubdit Pelayanan Umroh di Jakarta," kata Badrus saat dikonfirmasi terpisah melalui sambungan telepon
(tfn/fdn)
Labels: Jeddah, Jemaah Umroh dari Indonesia

Thanks for reading 49 Jemaah Umroh dari Indonesia Tertahan di Jeddah karena Travel Belum Lunasi Hotel . Please share...!

0 Komentar untuk "49 Jemaah Umroh dari Indonesia Tertahan di Jeddah karena Travel Belum Lunasi Hotel "

Back To Top