-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ini Alasan Rumah Berharga di Bawah Rp 300 Juta Bakal Bebas Pajak

Dana Aditiasari - detikfinance
Ini Alasan Rumah Berharga di Bawah Rp 300 Juta Bakal Bebas Pajak
Jakarta -Pemerintah sedang melakukan perubahan 10 aturan terkait perumahan untuk mendukung program 1 juta rumah di 2015 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu aturan yang direvisi adalah menaikkan batas atas pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) 10% karena alasan perkembangan harga rumah yang makin mahal. Nantinya rumah berharga di bawah 300 juta bakal bebas PPN 10%.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, aturan yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2007 tentang perubahan keempat atas PP 12 Tahun 2001 tentang impor atau penyerahan barang kena pajak tertentu yang bersifat strategis yang dibebaskan dari PPN.

"Dalam aturan itu kan disebutkan bahwa rumah Rp 140 juta bebas dari PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Nah ini ditingkatkan jadi yang kena pajak, batas atasnya itu Rp 300 juta. Jadi rumah yang tidak kena PPN dinaikkan batas atasnya dari semula sampai Rp 140 juta sekarang sampai Rp 300 juta," ujar Basuki kepada detikFinance, di kantornya, Selasa (5/5/2015).

Dengan adanya aturan ini, pembeli bangunan, tanah atau produk properti lainnya yang memiliki harga di bawah Rp 300 juta tidak perlu membayar PPN 10%. Selama ini, PPN dikenakan sebesar 10% dari nilai transaksi produk properti saat terjadi transaksi jual beli atau perpindahan kepemilikan.

Kebijakan ini akan meringankan beban masyarakat sekaligus menyesuaikan dengan kondisi harga properti saat ini. Faktanya hunian atau produk properti lain dengan harga di bawah Rp 140 juta sudah semakin sulit ditemukan terutama di perkotaan.

"Sekarang kan cari rumah yang harganya di bawah Rp 140 juta sangat sulit. Sehingga kita naikkan batas atasnya menjadi Rp 250-300 juta. Nggak Rp 140 juta lagi," katanya.
(dna/hen)
Labels: Bebas Pajak, Rumah Berharga di Bawah Rp 300 Juta

Thanks for reading Ini Alasan Rumah Berharga di Bawah Rp 300 Juta Bakal Bebas Pajak. Please share...!

0 Komentar untuk "Ini Alasan Rumah Berharga di Bawah Rp 300 Juta Bakal Bebas Pajak"

Back To Top