-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Ini Empat Usulan JK yang Ditawarkan ke Islah Agung dan Ical

, CNN Indonesia
Ini Empat Usulan JK yang Ditawarkan ke Islah Agung dan Ical Yorrys Raweyai mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Amanah NAsional (PAN) di Widya Chandra, Jakarta, Kamis, 12 Maret 2015. (CNNIndonesia/Safir Makki)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua kubu di Golkar yakni kubu Agung Laksono dan Aburizal Bakrie tengah mengupayakan islah setelah putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang juga mantan Ketua Umum Golkar menjadi mediatornya.

JK sebelumnya mengatakan telah bertemu dengan kedua kubu secara terpisah usai putusan PTUN. Wakil Ketua Umum Golkar kubu Agung Laksono, Yorrys Raweyai yang dihubungi CNN Indonesia Jumat (22/5) malam menyatakan, pertemuan dengan JK di lakukan di kediamannya di Menteng.

Pertemuan itu berlangsung selama dua jam, sejak pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB sebelum JK berangkat ke Jepang. Dalam pertemuan itu, kubu Agung yang hadir selain Agung Laksono dan Yorrys ada Zainudin Amali, Melkias Mekeng dan Ibnu Munzir.

JK menyebutkan empat hal yang ditawarkan ke kubu Agung Laksono. JK, sebagaimana disebutkan Yorrys, mengatakan empat hal itu juga disampaikan ke kubu Aburizal Bakrie (Ical). “Ada emat hal yang disebutkan Pak JK untuk kami pertimbangkan. Pak JK juga meminta kami untuk menentukan format dan teknisnya akan seperti apa,” ungkap Yorrys. (Baca juga: JK Tak Tampik Perannya Di Balik Upaya Islah Golkar)

 Empat hal itu, sebut Yorrys, adalah dasar untuk apa yang disebut JK sebagai islah parsial antara kubu Agung dengan Ical agar Golkar bisa ikut serta dalam Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember mendatang. Jika empat hal itu ada satu poin yang tidak disepakati, upaya untuk islah parsial akan sulit terjadi.

Empat hal itu adalah pertama, JK meminta agar kedua kubu mementingkan kepentingan Golkar di atas kepentingan kelompok. Ini penting agar Golkar bisa menjadi peserta Pilkada serentak. Kedua, JK mengusulkan adanya Tim Penjaringan. Tim ini yang akan mencari calon-calon kepala daerah yang akan diusung Golkar di masing-masing kabupaten/kota dan provinsi di mana pilkada serentak digelar.

Tawaran yang ketiga adalah, calon-calon yang telah diseleksi oleh Tim Penjaringan, harus memiliki kriteria-kriteria yang disepakat oleh kedua kubu. Dan yang terakhir, dukung kepada calon kepala daerah kepada KPU ditandatangi oleh pengurus Golkar yang disahkan oleh SK Menkumham.

Yorrys menyatakan, dari ke empat poin itu, poin terakhir adalah poin yang krusial. Poin itu yang menjadi perdebatan Golkar selama ini. “Kuncinya memang di poin nomor empat. Kalau poin ini tidak disepakati, maka poin-poin lain juga gagal disepakat,” ungkapnya. (Baca juga: Agar Golkar Bisa Ikut Pilkada, Agung Siap Islah dengan Ical)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Golkar kubu Ical, Idrus Marham mengatakan kubunya masih menyusun landasan kesepahaman sebelum membicarakan islah dengan Agung Laksono. Hanya saja, dia mengingatkan bahwa opsi islah yang dilandaskan hanya untuk bisa mengikuti Pilkada 2015 akan menimbulkan masalah baru.

"Itu kan namanya islah terbatas, islah khusus, atau islah transisi. Itu kata para ahli. Namun persoalannya, jika itu dilakukan, bagaimana mau menghadapi pilkada?" kata Idrus. "Dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum dikatakan yang bisa ikut pilkada adalah yang sudah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia," ujarnya

Idrus beranggapan jika islah Golkar tercipta hanya agar bisa ikut Pilkada 2015, maka Golkar sangat rawan digugat. Apalagi jika Partai Golkar menang di pilkada. Gugatan berpotensi bisa muncul dari pihak-pihak yang punya kepentingan di pilkada. Mereka akan mempertanyakan keabsahan dukungan yang diberikan kepada calon yang memenangkan Pilkada.

Idrus mengatakan dia dan Aburizal Bakrie sebelumnya juga sudah bertemu JK pada Senin (18/5), tepatnya setelah putusan PTUN keluar. Sementara keesokannya, Selasa (19/5), kabarnya giliran kubu Agung Laksono yang bertemu JK. Kubu Ical dijadwalkan akan bertemu kembali dengan JK pada hari ini Sabtu (23/5). Usai itu, dikabarkan JK akan bertemu denhan kubu Agung. (hel)

 
Labels: Empat Usulan JK untuk Islah Agung dan Ical

Thanks for reading Ini Empat Usulan JK yang Ditawarkan ke Islah Agung dan Ical. Please share...!

0 Komentar untuk "Ini Empat Usulan JK yang Ditawarkan ke Islah Agung dan Ical"

Back To Top