-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

JK Sebut Konflik Laut China Selatan Ujian bagi Asia

, CNN Indonesia
JK Sebut Konflik Laut China Selatan Ujian bagi Asia Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut sengketa di Laut China Selatan yang belum berakhir sebagai salah satu bentuk ujian bagi negara-negara Asia. (Reuters/Ritchie B. Tongo)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut sengketa di Laut China Selatan yang belum berakhir sebagai salah satu bentuk ujian bagi negara-negara Asia.

"Masalah ini bisa diatasi jika pemimpin negara yang bersengketa punya konsen sama soal keamanan dan perdamaian," kata JK dalam konferensi Nikkei di Tokyo pada Kamis (21/5) lalu.

China mengklaim 90 persen wilayah Laut China Selatan yang dipercaya kaya akan minyak dan gas. Namun klaim juga datang dari Brunei, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Taiwan yang menganggap beberapa wilayah perairan itu berada dalam zona ekonomi eksklusif mereka.

Beberapa waktu lalu, China juga diketahui membuat kemajuan pesat dalam reklamasi, membuat pulau buatan yang ditengarai bisa digunakan untuk kepentingan militer, di wilayah Kepulauan Spratly yang jadi sumber sengketa dengan Filipina.

Minggu ini, China dan Amerika Serikat cekcok karena pesawat AS terbang di wilayah udara di atas pulau buatan tersebut.

Sementara pada kampanye Pilpres 2014, Jokowi sempat mengatakan bahwa cara terbaik bagi Indonesia untuk menyikapi konflik Laut China Selatan ialah dengan tidak ikut campur tangan jika belum menemui solusi yang tepat untuk menyelesaikan sengketa. (stu)
Labels: JK, Konflik Laut China Selatan Ujian bagi Asia, Laut China Selatan

Thanks for reading JK Sebut Konflik Laut China Selatan Ujian bagi Asia. Please share...!

0 Komentar untuk "JK Sebut Konflik Laut China Selatan Ujian bagi Asia"

Back To Top