-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Jonan Gaet Perwira TNI Jadi Pejabat Kemenhub

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Jonan Gaet Perwira TNI Jadi Pejabat Kemenhub
Jakarta -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan hari ini mengangkat 13 pejabat baru di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dari 13 pejabat baru tersebut, Jonan menggaet 3 perwira menengah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid menjelaskan penunjukan perwira TNI sudah sesuai prosedur. Perwira TNI yang diangkat telah lolos dari assessment alias penilaian ketat dari lembaga independen.

"Untuk posisi tersebut belum ada internal yang memenuhi syarat. Kemudian posisi tersebut calon internal tidak lolos assessment yang diselenggarakan lembaga independen, atau lolos tapi nilainya kurang meyakinkan," kata Hadi kepada detikFinance, Kamis (7/5/2015).

Hadi menjelaskan pengangkatan perwira TNI juga bagian kerjasama antara Kemenhub dan Mabes TNI yang telah ditandatangani pada 20 Februari 2015 lalu.

Penempatan pejabat Kemenhub dari lingkungan TNI juga bertujuan untuk mendorong dan membentuk budaya disiplin di lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Untuk mendorong percepatan perubahan budaya di lingkungan Kemenhub, terutama dalam hal kedisiplinan dan komitmen pada tugas dan amanah yang diemban," jelasnya.

Hadi menjelaskan Jonan telah merotasi 1.400 pejabat sejak diangkat sebagai Menhub. Rotasi akan dilakukan secara rutin agar terjadi penyegaran di lingkungan Kemenhub.

 Dari 1.400 pejabat yang dirotasi, Jonan mengangkat setidaknya 10 perwira TNI. Selain perwira TNI, Jonan juga menempatkan puluhan aparat Marinir TNI AL sebagai pengamanan di internal Kemenhub.

"Terkait pamdal (dari Marinir), lebih untuk mewujudkan lingkungan kerja yang tertib dan disiplin. Pak Jonan menghendaki suasana kerja yang tertib dan friendly, makanya selain aparat TNI kita juga merekrut tenaga front office yang good looking," ujarnya.

Berikut ini, daftar nama pejabat di lingkungan Kemenhub yang dilantik pada hari Kamis, 7 Mei 2015:

1. Kolonel Firdaus Komarno menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Keprotokolan, Biro Umum

2. Mayor Marini Soehardi menjabat sebagai Kepala Seksi Patroli, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok

3. Letkol Marini R. Gunawan sebagai Kepala Bidang Penjagaan, Patroli, dan Penyidikan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya

4. Harno Trimadi menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Lalu Linta Jalan, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

 5. Akhriadi menjabat sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cirebon

6. Capt. Avirianto menjabat sebagai Kepala Bidang Angkutan Udara dan Kelaikudaraan, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta

7. Darpin Sinaga menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Umum Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

8. Joko Santoso menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan

9. Syafek Jamhari menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan, Sekretariat Badan Pengembangan Manusia Perhubungan

10. Emanuel Kameubun menjabat sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Sintete

11. Fourmansyah menjabat sebagai Kepala Seksi Penunjang Keselamatan dan Penyelidikan, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok

12. Elsakri menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan dan Pengoperasian Bandar Udara, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Kelas I Ngurah Rai Denpasar

13. Capt. Suherman menjabat sebagai Kepala Subagian Umum Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

(feb/ang)
Labels: Jonan, TNI

Thanks for reading Jonan Gaet Perwira TNI Jadi Pejabat Kemenhub. Please share...!

0 Komentar untuk "Jonan Gaet Perwira TNI Jadi Pejabat Kemenhub"

Back To Top