-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kadishub DKI: Gubernur Setuju Operasi APTB Sampai Batas Kota

Ayunda W Savitri - detikNews

Kadishub DKI: Gubernur Setuju Operasi APTB Sampai Batas Kota
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) memutuskan bus APTB tetap boleh beroperasi. Akan tetapi, bus tersebut hanya boleh beroperasi hingga halte perbatasan.

"Saya sudah buat nota dinas dengan Pak Gubernur dan sudah ada disposisinya. Jadi Pak Gubernur itu disposisinya tindak lanjut sesuai dengan opsi sampai batas kota'. Tapi untuk menghindari konflik, mereka bisa masuk sampai putaran terdekat balik," ujar Kadishub DKI Benjamin Bukit di Rusun Pinus Elok Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (24/5/2015).

Bukit mengatakan, bus berwarna biru itu hanya boleh beroperasi hinggu putaran terdekat halte perbatasan TransJ. Sehingga, tidak mengangkut penumpang antar halte.

"Misalnya dia (APTB) dari Bogor terus ke Jakarta logika batasnya sampai Cawang, nah kita tidak begitu sistemnya. Maunya Pak Gubernur masuk ke jalur Transjakarta dulu, tapi pada putaran terdekat baru balik. Jadi cari putaran balik paling dekat, putar balik dah," sambungnya.

Seperti diketahui, Ketua Organda DKI, Shafruhan Sinungan menjelaskan, rapat pada awal bulan April 2015 antara Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Organda dan Operator APTB hanya membahas 2 opsi.

Pertama, bus APTB dapat beropasi seperti yang sudah berjalan selama ini dan mengangkut penumpang yang pindah dari bus TransJ tanpa ada kompensasi pembayaran dari Pemda DKI/PT TJ dengan standar pelayanan minimum (SPM) sama dengan bus TransJ.

Opsi kedua, APTB hanya boleh beroperasi sampai dengan perbatasan koridor busway. "Jadi dalam rapat tersebut tidak sama sekali membahas perhitungan tarif rupiah/km. Dan dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Dirut Trans Jakarta," kata Shafruhan dalam keterangan tertulis, Senin (4/5) malam.

Berdasarkan hal tersebut, Organda DKI meminta kepada Dishub untuk mempertimbangkan opsi-opsi lainnya. Namun Kadishub dan Transportasi DKI, Benjamin Bukit menurut Shafruhan menyatakan tidak ada opsi lain terkait operasi APTB.

"Untuk itu Organda DKI melakukan rapat dengan operator APTB dan hasil rapat memutuskan akan mengambil opsi 2," sambungnya.

(aws/vid)
Labels: Gubernur, Kadishub DKI, Operasi APTB Sampai Batas Kota

Thanks for reading Kadishub DKI: Gubernur Setuju Operasi APTB Sampai Batas Kota . Please share...!

0 Komentar untuk "Kadishub DKI: Gubernur Setuju Operasi APTB Sampai Batas Kota "

Back To Top