-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Kemenkum HAM: Irjen Ronny Sompie Daftar Jadi Calon Dirjen Imigrasi

Ikhwanul Khabibi - detikNews

Jakarta - Menkum HAM Yasonna Laoly memutuskan untuk mengulang dari awal proses seleksi Dirjen Imigrasi yang baru akibat adanya gonjang-ganjing beredarnya Keppres palsu. Salah satu nama tenar disebut ikut mendaftar sebagai calon Dirjen Imigrasi, yakni Irjen Ronny F Sompie yang kini menjabat sebagai Kapolda Bali.

"Ini seleksinya sedang jalan, ada nama terkenal ini, Kapolda Bali, Pak Ronny yang ikut daftar," kata Kepala Biro Humas Kemenkum HAM, Ferdinan Siagian saat dikonfirmasi, Selasa (19/5/2015).

Menurut Ferdinan, selain Irjen Ronny Sompie, ada juga beberapa nama dari TNI. Selain itu dari pihak akademisi ada Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, Widodo Ekatjahjana yang ikut di bursa calon Dirjen Imigrasi.

"Yang dari TNI saya belum tahu dari kesatuan mana. Ini yang ikut seleksi ada juga dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember," jelasnya.

Seleksi calon Dirjen Imigrasi sebenarnya sudah selesai di era Menkum HAM Amir Syamsuddin. Saat itu, tim seleksi menghasilkan tiga nama, yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Nusa Tenggara Timur Rohadiman Santoso, Direktur Lintas Batas dan Kerja Sama Luar Negeri Asep Kurnia, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Bambang Widodo.

Tiga nama itu sudah disetorkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu. Namun, SBY tak mau mengeluarkan keputusan strategis di dua bulan masa akhir kepemimpinannya.

Belakangan, saat Menkum HAM dijabat Yasonna Laoly beredar Keppres yang memerintahkan untuk melantik Bambang Widodo sebagai Dirjen Imigrasi. Namun, belakangan diketahui bahwa Keppres itu bodong, sehingga Menkum Yasonna memutuskan untuk mengulang proses seleksi.

Pihak istana sudah menegaskan bahwa tidak pernah menerbitkan Keppres untuk pengangkatan Dirjen Imigrasi yang baru.

(kha/ndr)
Labels: Calon Dirjen Imigrasi, Kemenkumham

Thanks for reading Kemenkum HAM: Irjen Ronny Sompie Daftar Jadi Calon Dirjen Imigrasi . Please share...!

0 Komentar untuk "Kemenkum HAM: Irjen Ronny Sompie Daftar Jadi Calon Dirjen Imigrasi "

Back To Top