-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Melihat 'Istana Batu' Alami yang Misterius dan Tersembunyi di Perbukitan di Sentul

Indra Subagja - detikNews
Melihat Istana Batu Alami yang Misterius dan Tersembunyi di Perbukitan di Sentul
Jakarta - Anda pasti tahu kawasan Sentul di Bogor. Tapi mungkin Anda belum tahu ada 'istana batu' yang unik, misterius, dan tersembunyi yang terletak di perbukitan di Sentul. Orang biasa memanggilnya Situs Garonggong atau Garunggang.

Untuk ke lokasi ini memang cukup sulit. Dari jalan terakhir yang hanya bisa dilalui motor, mesti berjalan kaki sekitar 1,5 jam dengan turun naik bukit. Mesti memiliki fisik yang cukup prima dan tentunya siapkan perbekalan minum dan makan. Tapi tenang segala letih semua terbayar.

Untuk ke lokasi, bila dari Jakarta, bisa menggunakan mobil bisa keluar di pintu tol Sentul. Anda bisa terus melaju hingga ke pertigaan Gedung SCC, kemudian ambil arah sampai ketemu Gerbang Depan Jungle Land, dari Gerbang Jungle Land, kemudian bisa lurus terus naik menanjak ke wilayah Karang Tengah 2, sampai ketemu pertigaan. Sesampai di sana, ikuti terus jalan hingga sampai bertemu sebuah papan bertuliskan Situ Garonggong.

Akhir pekan lalu detikcom sempat menyambangi tempat ini. Di sekitar lokasi, ada beberapa remaja penduduk desa yang menunggui hanya di waktu pagi hingga sore saja. Malam tiba, mereka kembali ke desa. Sang penjaga situs tengah sakit, jadi cucu-cucunya yang berjaga.

Di lokasi 'Istana Batu' ada beberapa batu tinggi menjulang membentuk semacam ruangan. Juga di sekitar tempat itu, ada gua yang terletak di bawah dan bisa turun masuk ke gua, yang memiliki ruangan cukup besar untuk dimasuki.

Di dekat lokasi, sekitar 20 menit berjalan juga ada Sungai Cileungsi yang jernih airnya. Anda bisa mandi atau mencari bahan batu akik di sini.

Kembali ke Garonggong itu, dari penduduk sekitar aneka cerita tentang situs itu bermunculan. Menurut seorang warga, Koko, ada yang meyakini itu batuan alami yang ada begitu saja sejak dahulu kala, ada juga yang percaya 'Istana Batu' itu peninggalan kerajaan Padjadjaran.

"Dulu pernah ada yang bertapa di salah satu ruangan di situ, katanya dapat wangsit suruh ke sini. Ada sekitar sebulan di situ, dan makan minum dikasih sama aki yang jaga," terang Koko. Hingga kemudian pria entah dari mana itu pergi setelah sebulan bertapa.
Lepas dari cerita aneh bin ajaib, pastinya ke lokasi 'Istana Batu' ini layak disambangi. Selain asri, dan cocok untuk menyepi dan trekking, gua di area itu pantas ditelusuri. Tak hanya itu, kejernihan sungai yang alami juga menggoda hati untuk menghabiskan waktu.




(ndr/mad)
Labels: 'Isatana Batu' Alami yang Misterius, Sentul

Thanks for reading Melihat 'Istana Batu' Alami yang Misterius dan Tersembunyi di Perbukitan di Sentul . Please share...!

0 Komentar untuk "Melihat 'Istana Batu' Alami yang Misterius dan Tersembunyi di Perbukitan di Sentul "

Back To Top