-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Sedih! Dari 77,3 Juta Ha Lahan Pertanian, Hanya 3% yang Punya Waduk

Wahyu Setyo Nugroho - detikNews

Sedih! Dari 77,3 Juta Ha Lahan Pertanian, Hanya 3% yang Punya Waduk
Jakarta - Meski air adalah sumber daya terbarukan, namun bila tidak dikelola dengan baik, air bisa menjadi bencana, mulai dari banjir hingga kekeringan. Bila air tidak dikelola dengan baik, 77,3 juta hektar lahan pertanian di Indonesia terancam tidak mendapatkan pengairan.

"Makin hari kami makin sadar akan pentingnya air. Dari 77,7 juta hektar lahan pertanian, hanya 3 persen saja yang punya waduk. Sisanya hanya bendung-bendung biasa. Jadi sangat bergantung pada hujan. Inilah yang akan kita coba perbaiki," jelas Direktur Perluasan dan Pengelolaan Lahan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Ir Prasetyo Nuchsin.

Prestyo menyampaikan hal itu dalam acara jumpa pers revitalisasi gerakan nasional kemitraan penyelamatan air (GN KPA), di ruang rapat utama lantai 2 Gedung Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Jalan TMP Kalibata nomor 20, Jakarta Selatan, Kamis (7/5/2015).

Yang menjadi sasaran revitalisasi, lanjut Prestyo, adalah 108 DAS (Daerah Aliran Sungai) prioritas, 15 danau, dan 29 bendungan. "Kami sangat mendukung kegiatan ini, kita harus integrasi pengelolaan air dari hulu ke hilir, mudah-mudahan ini memberikan dampak luar biasa bagi pertanian Indonesia," harap dia.

Sedangkan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Dr M Marwan Msi menambahkan, kegiatan revitalisasi air sudah dilakukan sejak 2005, namun masih terbatas dengan 3 kementerian. Kini kerja sama ini melibatkan 8 kementerian.

"Kita akan menggandeng lebih banyak kementerian untuk sinergi yang lebih baik lagi. Tujuan akhirnya dari program ini adalah kesejahteraan masyarakat. Bagaimana masyarakat secara bersama-sama sadar akan usaha penyelamatan air," imbuh Marwan.

8 Kementerian itu adalah Kemendagri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kementerian PU Pera, Kementan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian BUMN, Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Gerakan nasional untuk penyelamatan sumber daya air ini fokus di 6 kelompok kegiatan yakni:
1. Penataan ruang, pembangunan fisik, penatagunaan tanah dan penataan kependudukan
2. Konservasi tanah dan air serta konservasi sumber daya air
3. Pengendalian daya rusak air
4. Pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air
5. Efisiensi pengelolaan dan pemanfaatan air
6. Pendayagunaan sumber daya air

Jumpa pers GN KPA (Foto: Wahyu Setyo Nugroho)
 

(nwk/nrl)
Labels: 77koma3 Juta Ha, Hanya 3% yang Punya Waduk

Thanks for reading Sedih! Dari 77,3 Juta Ha Lahan Pertanian, Hanya 3% yang Punya Waduk . Please share...!

0 Komentar untuk "Sedih! Dari 77,3 Juta Ha Lahan Pertanian, Hanya 3% yang Punya Waduk "

Back To Top