-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Soal Reshuffle, Hasto: PDIP Siapkan Nama Calon Menteri

 Hardani Triyoga - detikNews

Soal Reshuffle, Hasto: PDIP Siapkan Nama Calon Menteri - 1  
Foto: Yoga/detikcom 
 
Jakarta - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle terhadap sejumlah menterinya dalam Kabinet Kerja. Sebagai partai pendukung, PDIP mempersiapkan kadernya jika memang diminta Jokowi untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan.

"Kami terus menerus menyiapkan calon-calon pemimpin. Tentu saja di situ, baik kepala daerah, menteri-menteri, maupun juga dalam jabatan strategis yang terkait dengan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia," kata Hasto di Gedung Kemenkumham, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).

Namun, ia mengingatkan bahwa reshuffle ini adalah wewenang Jokowi sebagai presiden. Menurutnya, PDIP mendukung apapun kebijakan Jokowi termasuk reshuffle.

Sebagai parpol pendukung, PDIP, kata dia, juga taat terhadap aturan main.

"PDIP sukanya mendukung. Di dalam konteks ini, reshufle merupakan hak prerogatif dari presiden. Kita taat dalam aturan main, dan tentu saja presiden, apa yang beliau sampaikan dalam pelantikan kabinet, itu kan evaluasi akan dilakukan terus menerus," sebutnya.

Ia menjelaskan pihaknya juga melakukan pengamatan terhadap kinerja menteri-menteri di kabinet Kerja. Berbekal struktur kader kepengurusan sampai ke tingkat ranting, PDIP juga memperhatikan suara rakyat.

"Partai memiliki instrumen sampai ditingkat desa. Kami mendengarkan bagaimana rakyat juga mendengarkan, harga kebutuhan pokok rakyat segera diatasi. Tentu saja kami juga siap jika presiden meminta masukan dari kami,"

Soal menteri yang kemungkinan direshuffle, ia enggan berspekulasi. Tapi, dilihat dari bidang yang menyangkut kepentingan rakyat, bidang tertentu mungkin menjadi pertimbangan presiden.

"Mendengarkan rakyat dan juga melihat bagaimana ekspetasi rakyat yang besar seperti perekonomian berupa percepatan program-program pembangunan infrastruktur, sarana produksi yang berkaitan dengan kehidupan rakyat banyak. Itu tentu saja menjadi perhatian bagi presiden," katanya.

Lanjutnya, selama enam bulan kinerja pemerintahan, Jokowi dinilai sudah memiliki evaluasi terhadap jajaran menterinya. Jokowi yang paham terhadap menteri yang menjalankan atau tak menjalankan konsep Nawacita.

Tapi, soal reshuffle, sekali lagi ia mengingatkan hal tersebut adalah wewenang presiden.

"Dari evaluasi tersebut, presiden punya hal untuk melakukan pergantian, sekiranya ada menteri-menteri yang dinilai presiden, dan masukan-masukan dari berbagai pihak, termasuk mendengarkan aspirasi rakyat, tidak sejalan, di dalam menjalankan program nawacita tersebut," sebutnya.

(van/van)
Labels: Hasto, PDIP Siapkan Nama Calon Menteri, Reshuffle?

Thanks for reading Soal Reshuffle, Hasto: PDIP Siapkan Nama Calon Menteri . Please share...!

0 Komentar untuk "Soal Reshuffle, Hasto: PDIP Siapkan Nama Calon Menteri "

Back To Top