-->
Motivasi Menulis
Bisnis Online

Sri Sultan Ungkap Makna di Balik Pergantian Gelar Raja Yogya

Sukma Indah Permana - detikNews

Sri Sultan Ungkap Makna di Balik Pergantian Gelar Raja Yogya  
Foto-detikcom
Jakarta - Melalui sebuah sabda pada Kamis, 30 April 2015 lalu Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengubah sejumlah nama dan gelar. Sebelumnya gelar dan nama untuk Raja Yogya adalah Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senapati Ing Ngalaga Ngabdurrakhman Sayidin Panatagama Kalifatullah.

Ada beberapa perubahan nama dan gelar. Misalnya penulisan dan pengucapan Buwono menjadi Bawono, Kaping Sedoso menjadi Kaping Sepuluh dan pengapusan kata Kalifatullah. Hari ini Sultah Hamengkubuwono menjelaskan terkait perubahan dan penghapusan nama serta gelar tersebut.

Menurut Sultan, sebelumnya dia juga pernah melakukan perubahan nama. "Nami kulo ingkang lami mboten Sri Sultan, ananging kanjeng sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono (nama saya yang lama bukan Sri Sultan, tetapi kanjeng sinuwun sri sultan Hamengkubuwono)," kata Sri Sultan saat menggelar konferensi pers di pendopo kediaman Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi di Keraton Kilen, Yogyakarta, Jumat (8/5/2015).

Mengapa gelar kanjeng sinuwun dihapus?

"Kanjeng diganti Sri meniko kondur sampurnaning jagat, ugo kanggo nggandeng gathuke jagat karo ukoro asmo utowo gelar kan maringi Gusti Allah (Kanjeng diganti Sri itu kembali pada kesempurnaan bumi, juga menyatukan bumi dengan nama dan gelar pemberian Allah)," kata Sultan.

Sultan juga menjelaskan pergantian gelar Khalifatullah Sayidi menjadi Langgenging Toto Panoto Gomo."Langgenging kan didhawuhi Gusti Allah ngagem pranataning jagat (melestarikan dunia sesuai perintah Allah dengan aturan dunia)," papar Sultan.

(erd/nrl)
Labels: Makna Pergantian Gelar Raja Yogya, Polemik Sabda Raja, Rebutan Tahta Keraton Yogya, Sri Sultan HB X, Yogya

Thanks for reading Sri Sultan Ungkap Makna di Balik Pergantian Gelar Raja Yogya . Please share...!

0 Komentar untuk "Sri Sultan Ungkap Makna di Balik Pergantian Gelar Raja Yogya "

Back To Top